Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengubah Shortcut Keys CorelDraw

Shortcut Key yang dikuasai tentunya akan sangat mempermudah proses pengerjaan dalam suatu aplikasi, termasuk CorelDraw. Seperti halnya kemudahan mengopi atau menggandakan objek, akan jauh lebih efisien jika menggunakan Ctrl+C kemudian Ctrl+V jika dibandingkan dengan cara Klik Kanan --> Copy lalu Klik Kanan --> Paste. Sudah jelaskan hehe.

Pada postingan sebelumnya, kita telah mempelajari bagaimana cara membuat schortcut key di CorelDraw. Baca Juga: Cara Membuat Shortcut Key CorelDraw. Sekarang kita akan belajar untuk mengubah shortcut key untuk tools shortcutnya sudah tersedia namun shortcut tersebut sulit untuk kita ingat. Berikut tutorialnya:

Mengubah Shortcut Keys CorelDraw

  1. Mirip dengan cara membuat shortcut key, langkah pertama untuk mengubah shortcut key adalah memunculkan dialog Options Commands dengan cara pilih Menu Tools pada Menu Bar --> Options (Ctrl+J) --> Workspace --> Customization --> Commands atau pada beberapa versi CorelDraw cukup dengan klik Tools Options kemudian Customization. 
  2. Kemudian temukan perintah/commands yang ingin diubah shortcutnya. Contoh berikut: saya akan mengubah shortcut untuk perintah Smart Drawing (Shift + S).
  3. Setelah ditemukan, selanjutnya klik Menu Shortcut Key lalu pada New Shortcut Key masukkan huruf atau tombol yang inginkan pada keyboard, saya memasukkan huruf S, lalu klik Assign.
  4. Maka huruf S akan muncul diatas shortcut default Smart Drawing
  5. Selanjutnya, hapus shortcut default (Shift + S) agar shurtcut key berubah menjadi tombol S.
  6. Klik Ok untuk menyimpan perubahan sekaligus menutup dialog Option (Customization).
  7. Hasil (Perhatikan Before and After tools Smart Drawing)

Jadi itulah Cara Mengubah Shortcut Keys CorelDraw, semoga bermanfaat bagi teman-teman dan jangan lupa berbagi pengetahuan.

9 comments for "Cara Mengubah Shortcut Keys CorelDraw"

  1. Mantap gan berguna banget, biar mudah

    ReplyDelete
  2. ini recomend banget buat yang desain pakai coreldraw biar kencang desainnya.
    😅🤗🤗

    ReplyDelete
  3. nah sangat bermanfaat sekal min, saya lebih gambang untuk edit, lebih cepat karna shortcut , thaks ya min

    ReplyDelete
  4. thanks shering nya, bw ke blog ku dong

    ReplyDelete
  5. Guud sangad erfaedah buat yg belom tau hhe

    ReplyDelete