Cara Membuat Shortcut Key CorelDraw

Shortcut Key merupakan cara pintas untuk melakukan atau mengaktifkan suatu perintah/fungsi pada komputer menggunakan tombol keyboard . Misalnya Ctrl+C dan Ctrl+V yang menjadi shortcut key paling familiar digunakan, bahkan semua aplikasi atau perangkat lunak menggunakannya untuk menyalin/menggandakan objek (teks, gambar, dll). Jadi dengan adanya shortcut key kita tidak perlu melakukan klik sana sini untuk menemukan dan mengaktifkan perintah yang diinginkan. 


CorelDraw termasuk aplikasi yang menyediakan banyak cara pintas dalam pengoprasiannya, misalnya X (Eraser) untuk menghapus, Z (Zoom) untuk memperbesar, Ctrl+P untuk mencetak, dan masih banyak lagi. Namun banyak bukan berarti semuanya, masih ada beberapa perintah atau alat (tools) pada CorelDraw yang tidak mempunyai tombol pintas/shortcut key.

Jadi agar lebih efisien, kita dapat membuatkan shortcut key sendiri untuk perintah-perintah yang sering kita gunakan. Bagaimana caranya?? Silakan simak tutorial berikut ini:

Cara Membuat Shortcut Key pada CorelDraw

1. Pada Menu Bar pilih Menu Tools --> Options (Ctrl+J) --> Workspace --> Customization --> Commands atau pada beberapa versi CorelDraw cukup dengan klik Tools Options kemudian Customization

2. Maka akan muncul dialog Options Commands.
  1. Item Categori: untuk memilih kelompok item dari perintah/command yang ingin ditampilkan
  2. Find Text: untuk mencari item yang ingin ditampilkan dengan mengetik nama dari suatu perintah
  3. Shortcut Key Table: untuk menentukan kapan shotcut key dapat berfungsi, apakah pada Main (Utama), Curve Editing (Mengedit Kurva), atau yang lainnya. 
  4. Assign: untuk memastikan tombol yang dimasukkan pada kolom New Shortcut Key sebagai shortcut suatu perintah
  5. New Shortcut Key: kolom untuk memasukkan tombol keyboard yang ingin dijadikan shortcut baru
  6. Currently Assigned For: untuk melihat apakah tombol yang dimasukkan pada kolom New Shotcut Key sudah ada/terpakai atau belum. Jika sudah terpakai maka akan muncul perintah yang menggunakan tombol tersebut pada kolom ini.
  7. Navigate to Conflict on Assign: akan memperlihatkan/mengarahkan ke perintah yang tombolnya sama dengan tombol yang dituliskan pada kolom New Shortcut Key
  8. Currently Shortcut Key: menampilkan shortcut key yang berfungsi saat ini
  9. Delete: untuk menghapus shortcut key
  10. Reset All: untuk mengatur ulang kembali ke default/standar
  11. View All: melihat seluruh shortcut key dari perintah yang ada pada CorelDraw
3. Selanjutnya temukan perintah atau commands yang ingin dibuatkan shortcut, saya akan membuat shortcut untuk perintah Bezier.  Agar lebih mudah, perintah dapat dicari menggunakan fasilitas Find Text atau dengan mencari perintah sesuai kelompok perintah.

4. Setelah ditemukan, selanjutnya klik Menu Shortcut Key lalu pada New Shortcut Key masukkan huruf atau tombol yang inginkan pada keyboard, saya memasukkan huruf Q, lalu klik Assign. Seperti gambar berikut:

5. Setelah itu, huruf Q yang menjadi shortcut key untuk perintah Bezier akan muncul pada kolom Current Shortcut Key

6. Klik Ok untuk menyimpan perubahan sekaligus menutup dialog Option (Customization).

7. Hasil (Perhatikan tool Bezier).

Sekian untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman. Akhir kata, jangan lupa berbagi pengetahuan,



3 Responses to "Cara Membuat Shortcut Key CorelDraw"

  1. Terimakasih sudah sharing informasi

    ReplyDelete
  2. Mantap, akhirnya dapat ilmu baru nih. Kita bisa bikin short key sendiri berarti ya sesuai yang diinginkan. Nice info 👍

    ReplyDelete
  3. Wah mantap dapat ilmu baru, jujur saja saya lemah dalam pemahaman coreldraw,semoga blog ini nantinya selalu membahas seputar komputer terus

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel