Mengenal Fitur Shaping (Weld, Trim, Intersect, dll) pada CorelDraw

Ketika mendesain, kita dapat membuat berbagai macam shape/bentuk yang sudah tersedia pada CorelDraw, misalnya persegi, lingkaran, poligon, dan lain-lain. Selain bentuk-bentuk 
tersebut, kita juga dapat membuat bentuk sendiri, cara memotong, menggabungkan, atau membuat potongan/irisan dari dua atau lebih objek. Cara tersebut dikenal dengan istilah Shaping.

Mengingat shaping sering dilakukan saat mendesain, tentu sangat penting untuk mempelajarinya. Jadi silahkan teman-teman TutorialDuaEnam menyimak penjelasan fitur Shaping pada CorelDraw di bawah ini.

Fasilitas/Fitur Shaping CorelDraw

  1. Combine. Gabungkan objek menjadi satu objek dengan properti umum. Menggabungkan dua objek atau lebih menjadi satu objek dan menghilangkan perpotogan/irisan objek-objek tersebut. Warna objek baru mengikut warna objek yang terakhir dipilih dan objek asal atau objek lama hilang/tidak ada lagi.
  2. Weld. Menggabungkan dua atau lebih objek yang utuh, seperti Combine tetapi tanpa menghilangkan perpotongan/irisan, objek asal hilang. Objek hasil penggabungan akan mengikuti warna objek yang terakhir kita pilih ketika menyeleksi. Objek asal juga hilang.
  3. Trim. Memotong sebagian dari suatu objek dengan menggunakan bentuk objek lain. Dengan trim, objek pertama yang diseleksi akan memotong objek kedua yang di seleksi. Objek pemotong akan tetap ada sedangkan objek asal yang dipotong menghilang dan menghasilkan bentuk baru (objek yang telah dipotong).
  4. Intersect. Membuat objek baru dari area di mana dua atau lebih objek tumpang tindih atau bersinggungan. Objek yang dihasilkan akan mengikuti warna objek terakhir yang di seleksi dan objek asal tetap ada.
  5. Simplify. Fungsinya sama dengan Trim, namun Simplify tidak terpengaruh oleh objek mana yang lebih dulu diseleksi. Pada Simplify patokannya adalah objek yang berada diatas akan memotong objek bersinggungan yang ada dibawahnya. Objek asal pemotongan akan tetap ada, sedangkan objek asal yang terpotong tidak ada.
  6. Front Minus Back. Fitur ini membuat objek yang berada di bawah/di belakang memotong objek yang berada di atas/ di depan. Kemudian objek pemotong akan hilang, sehingga yang tersisa hanya objek depan yang telah dipotong.
  7. Back Minus Front. Kebalikan dari Front Minus Back, fitur ini membuat objek yang berada di atas/di depan memotong objek yang berada di bawah/di belakang Kemudian objek pemotong akan hilang, sehingga yang tersisa hanya objek belakang yang telah dipotong.
  8. Create Boundary. Fitur ini hampir sama dengan Weld, bedanya Create Boundary akan membuat objek baru yang hanya berupa outline (garis pinggir) tanpa fill (warna isi) dari dua objek atau lebih dan objek asal akan tetap ada.

Cara Menampilkan Fasilitas Shaping

Untuk menampilkan fasilitas shaping dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama yaitu klik Menu Window --> Dockers --> Shaping, kemudian Shaping muncul di Docker. Cara Kedua yaitu dengan menyeleksi dua atau lebih objek, maka fitur Shaping akan muncul pada Property Bar.

Itulah pembahasan kita mengenai Mengenal Fitur Shaping (Weld, Trim, Intersect, dll) pada CorelDraw. Semoga bermanfaat bagi teman-teman dan jangan lupa untuk berbagi pengetahuan.


11 Responses to "Mengenal Fitur Shaping (Weld, Trim, Intersect, dll) pada CorelDraw"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel