4 Penyebab dan Cara Mengatasi Koneksi Wifi IndiHome Lemot


Permasalahan yang mungkin pernah atau bahkan sering dialami oleh pelanggan wifi rumahan yaitu koneksi internet lemot. Sehingga muncul rasa kurang puas atau kecewa dengan kecepatan internetnya yang tidak sesuai dengan paket berlangganan yang dibeli.

Seperti kebanyakan layanan internet lainnya, IndiHome sebagai salah satu penyedia jasa internet terbesar dan paling banyak digunakan di Indonesia tentu tidak lepas dari permasalah seperti di atas. Pada umumnya, jika pelanggan mengalai gangguan, “Restart Modem” menjadi seruan utama dari pihak IndiHome untuk mengatasinya.

Namun ternyata ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki koneksi internet lemot secara mandiri seperti menggunakan aplikasi bantuan VPN atau SG TCP OPTIMIZER, atau mengatur DNS, menghapus Chache browser, bahkan membeli perangkat tambahan seperti Repeater.

Agar tidak terlalu panjang, postingan TutorialDuaEnam kali ini tidak memaparkan semua hal diatas, tapi hanya 4 hal yang bisa menjadi penyebab internet IndiHome lemot beserta cara mengatasinya.

4 Penyebab Wifi IndiHome Lemot dan Cara Mengatasinya

1. Terlalu Banyak Pengguna

Pada dasarnya Wifi memang bisa untuk digunakan beramai-ramai, namum terbatasnya kecepatan paket internet yang dibeli mengharuskan kita lebih cerdas dalam menyesuaikan penggunaannya. Misalnya paket IndiHome dengan kecepatan 10 Mbps disarankan tidak melebihi 5 device/perangkat atau pengguna yang terhubung secara bersamaan. Jika terlalu banyak orang maka kemungkinan besar Wifi IndiHome akan menjadi lemot.

Untuk mengatasinya, kita perlu memantau siapa saja yang mengakses koneksi internet yang kita miliki karena bisa saja orang atau perangkat yang tidak kita kenal sedang asyik menikmati wifi secara gratis. Untuk memantau, bisa melalui alamat 192.168.1. sehingga muncul menu DHCP Clients List yang berisi nama perangkat, MAC Address, dan IP. Untuk lebih jelasnya pada artikel berikut:

Baca Juga: "Cara Melihat Pengguna Wifi IndiHome"

Nah, jika terdeteksi perangkat yang tidak dikenali, maka lakukan pemblokiran alamat IP serta MAC Address yang digunakan perangkat tersebut. Disarankan juga untuk mengganti password wifi IndiHome secara rutin untuk menghindari masuknya pengguna ilegal.

2. Fair Usage Policy (FUP) Melebihi Batas

Wifi IndiHome menggunakan sistem FUP atau yang lebih dikenal dengan batas pemakaian wajar. IndiHome menyediakan paket kouta unlimited dengan FUP terkecil yaitu 300GB dalam sebulan  sehingga apabila pemakaian atau penggunaan melebihi 300GB maka dapat dipastikan kecepatan Wifi IndiHome akan berkurang sehingga menjadi lebih lambat. 

Jika koneksi IndiHome Anda sering lemot akibat FUP yang melewati batas maka sebaiknya Anda lebih bijak dalam penggunaannya atau menyesuaikan kembali kebutuhan internet Anda dan membeli paket yang lebih sesuai.

3. Penempatan Router yang Kurang Tepat

Tidak semua tempat baik untuk meletakkan Router Wifi. Meletakkannya di dekat benda atau peralatan seperti cermin, kulkas/lemari es, lampu tumbler, dan microwave dapat membuat sinyal Wifi terganggu. Selain itu ruangan yang dibatasi oleh marmer, beton, atau batu bata juga dapat menyebabkan koneksi menjadi lemot.

Meskipun potensi benda-benda diatas untuk melemahkan sinyal wifi tidak terlalu besar, namun sebaiknya tetap menjauhkan router dari benda-benda tersebut agar dapat berselencar di dunia internet dengan lebih cepat.

4. Gangguan Teknis

Jika Anda telah memastikan device/perangkat yang terkoneksi ke Wifi IndiHome Anda dalam jumlah yang wajar, kouta internet belum mencapai batas wajar, serta telah meletakkan Router pada posisi yang benar namun masih mengalami internet lemot maka kemungkinan besar itu disebabkan oleh gangguan teknis.Gangguan ini dapat meliputi, kerusakan perangkat wifi seperti kabel atau  modem/router atau proses maintenance yang dilakukan pihak IndiHome. 

Contohnya insiden kebakaran Fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Pekanbaru, Riau (Agst 2020) yang menjadi penyebab gangguan koneksi yang dialami oleh pengguna Indihome di kawasan Sumatra (CNN Indonesia

Untuk mengatasi gangguan teknis sebaiknya menghubungi pihak IndiHome untuk meminta kejelasan dan layanan perbaikan apabila diperlukan.

Nah, cukup sampai disini artikel mengenai penyebab serta bagaiamana mengatasi  Wifi IndiHome lemot. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan jangan lupa berbagi pengetahuan.

0 Response to "4 Penyebab dan Cara Mengatasi Koneksi Wifi IndiHome Lemot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel