Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatur Line Spacing (Jarak antar Baris) CorelDraw

Desain-desain yang dibuat menggunakan aplikasi CorelDraw, misalnya pamflet, spanduk, kartu nama, dll. sangat jarang menggunakan begitu banyak teks, berbeda jauh dengan makalah-makalah dalam file Ms.Word. Meski demikian, pengembang CorelDraw tetap menyediakan fasilitas untuk mengatur atau mengolah teks atau paragraf. 

Salah satu bentuk pengaturan yang dapat dilakukan terhadap teks pada CorelDraw akan kita bahas dalam tutorial kali ini, yaitu bagaimana mengatur jarak antar baris (Line Spacing). Tapi sebelum melangkah lebih jauh, terlebih dahulu kita mengenal tipe-tipe teks pada CorelDraw. 


Tipe Teks pada CorelDraw

Teks Sistem Terbuka dan Teks dalam Baseline menjadi dua tipe teks dalam aplikasi pengolah vektor ini. Perbedaan paling menonjol antara keduanya yaitu terdapat garis putus-putus yang mengelilingi teks pada tipe Teks dalam Baseline, seperti Teks Box yang biasa dijumpai pada Ms Word. Perhatikan gambar di bawah agar lebih mudah memahaminya.

Pengaturan jarak antar baris untuk kedua tipe teks di atas dapat dilakukan, namun untuk contoh di bawah, saya menggunakan tipes Teks dalam Baseline. 

Cara Mengatur Line Spacing (Jarak antar Baris) CorelDraw

  1. Buat teks/paragraf (Teks dalam Baseline) minimal dua baris menggunakan Text Tool. Caranya aktifkan fungsi Text Tool kemudian klik tahan dan geser sehingga menghasilkan kolom atau kotak dengan garis putus-putus, kemudian isi teks dalam kotak tersebut.
  2. Selanjutnya, tampilkan Text Properties dengan cara klik Menu Window --> Dokcers --> Text -->  Text Properties atau klik Menu Text --> Teks Properties atau dengan menekena tombol kombinasi Ctrl+T. Hasilnya Text Properties akan muncul di Docker.
  3. Kemudian seleksi teks yang ingin diatur jarak antar barisnya
  4. Untuk menambah/menguranginya, cukup dengan mengganti angka 100% (jarak normal/standar) pada Line Spacing. Semakin besar angkanya maka semakin jauh jarak antar barisnya, begitupun sebaliknya
  5. Hasil menggunakan 100% dan 500% (perhatikan jarak antar baris)
     

Demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman. Seperti biasa, jangan lupa berbagi pengetahuan

18 comments for "Cara Mengatur Line Spacing (Jarak antar Baris) CorelDraw"

  1. Sangat membantu saya dalam mengatur line spacing,

    ReplyDelete
  2. ok gan tutorialnya siap di aplikasikan

    ReplyDelete
  3. Terimakasih gan penjelasannya sangat detail

    ReplyDelete
  4. Terimakasih, sangat membantu untuk yang pemula seperti saya🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  5. Nah ini baru pas buat nulis-nulis biar gak terlalu dempet antara tulisan atas dengan bawahnya. Baru tau saya keyword buat nyari ginian di google namanya line spacing.

    ReplyDelete
  6. Nah ini panduan Corel yang mudah dimengerti.. gw baru belajar Corel butuh tips trik seperti ini..

    ReplyDelete
  7. Mantap bro tutornya... langsung praktek...

    ReplyDelete
  8. Artikelnya bagus gan terimakasih informasinya

    ReplyDelete
  9. Otw praktek hu. Thanks for sharing

    ReplyDelete
  10. Artikel yang sangat bermanfaat.. ternyata bgtu yaa caranya

    ReplyDelete
  11. Mengatur line spacing agar tulisan lebih mudah dipahami, enak dibaca, dan terlihat rapi. Coreldraw memang bagus nih 😁

    ReplyDelete