Cara Mengatur Tab Stop (Tabulasi) Microsoft Word

Para pengguna Ms Word mungkin ada yang belum mengetahui tentang Tab Stop atau mungkin sudah tahu tapi belum dapat memaksimalkan penggunaannya. Nah, Tab Stop sendiri adalah tempat atau jarak berhenti kursor saat menekan tombol Tab pada keyboard. Secara default, kursor akan berpindah tempat sejauh 0,5 inchi atau 1,27 cm setiap kali tombol Tab ditekan. 

Tab Stop sangat berguna untuk memformat perataan teks agar terletak pada posisi yang sama di setiap baris. Berikut contoh penggunaan Tab Stop secara sederhana:

Nama        : Syahrul
NIM           : 4521049
Agama      : Islam

Tanpa Tab Stop, membuat format teks seperti di atas akan membutuhkan waktu lebih lama karena harus menekan tombol spasi atau space bar berkali-kali untuk meratakannya. 

Tab Stop sendiri dibagi menjadi 5 jenis dengan fungsinya masing-masing. Sehingga dapat dipilih jenis yang paling cocok untuk format yang akan kita buat. Berikut rincian jenis-jenis Tabs Stop dan contoh penggunaannya:
  1. Tab Kiri: untuk pengaturan Tab Stop dengan perataan teks kiri. Perhatikan garis putus-putus pada gambar di bawah ini, disitu letak Tab Stop (Tab Kiri) dan teks akan dimulai dari garis tersebut ke arah kanan.
  2. Tab Tengah: untuk pengaturan Tab Stop dengan perataan teks tengah. Perhatikan garis putus-putus, disitu Tab Stop (Tab Tengah) diletakkan dan teks menjadi rata tengah dengan patokan tab tersebut. (bukan berada di tengah halaman)
  3. Tab Kanan: untuk pengaturan Tab Stop dengan perataan teks kanan. Perhatikan letak nomor halaman, disitu letak Tab Stop dan teks dimulai dari garis tersebut ke arah kiri. 
  4. Tab Desimal:  untuk mengatur Tab Stop rata kanan sebelum karakter/simbol desimal ( ,koma atau .titik tergantung settingan komputer masing-masing), kemudian menjadi rata kiri setelah desimal.
  5. Tab Bar: hanya untuk memberi tanda/simbol garis tegak. Garis tersebut akan dilalui oleh teks seakan-akan tidak ada sesuatu dan tidak berpengaruh pada jarak tombol Tab. Perhatikan gambar berikut:
Untuk menggunakan fungsi Tab Stop ini sangat mudah, yaitu:
  1. Pertama-tama letakkan kurosr pada baris yang ingin diberi/diaktifkan fungsi Tab Stop
  2. Kemudian pilih jenis Tab Stop yang akan digunakan, 
  3. Selanjutnya klik ruler pada posisi/letak yang dikehendaki, misalnya klik pada posisi 7, 
  4. Terakhir, tekan tombol Tab pada keyboard untuk memindahkan posisi kursor sesuai posisi yang telah diatur atau ketik teks terlebih dahulu kemudian pindahkan posisinya dengan menekan Tab.
Selain cara diatas, kita juga bisa mengatur Tab Stop secara lebih lengkap melalui jendela/kotak dialog Tabs, caranya sebagai berikut:
  1. Pilih Menu Home, kemudian klik ikon kecil disudut kanan bawah kelompok Menu Paragraph
  2. Kemudian akan muncul kotak dialog Paragraph, lalu klik Tabs... 
  3. Maka muncul kotak dialog Tabs dan penjelesannya:
    1. Tab Stop Position: untuk menentukan posisi tab stop, kita dapat menuliskan posisinya secara lebih pasti daripada menentukannya melalui ruler.
    2. Aligment: untuk memilih jenis Tab Stop seperti yang sudah dijelaskan diatas (Left, Center, Right, Decimal, dan Bar)
    3. Leader: untuk memilih jenis leader. Contoh: jenis leader nomor 2 yang sering digunakan untuk membuat daftar isi.
    4. Default Tab Stop: untuk mengubah default jarak perpindahan kursor ketika tombol Tab ditekan.
  4. Setelah menentukan pengaturan di atas, selanjutnya klik Set untuk mengaktifkannya. 
  5. Klik Ok untuk mengakhiri dan lihat hasilnya.
Untuk menghilangkan/menghapus format Tab Stop, lakukan dengan cara men-drag (klik tahan) Tab Stop pada ruler ke arah bawah. 

Itulah uraian tentang Tabs Stop, cara menggunakan serta cara mengaturnya. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman. Jangan lupa berbagi pengetahuan

9 Responses to "Cara Mengatur Tab Stop (Tabulasi) Microsoft Word"

  1. mantap, jadi lebih rapi pakai cara ini

    ReplyDelete
  2. Terimakasih gan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Ini penting sekali buat ngatur daftar isi saat ngetik skripsi πŸ‘

    ReplyDelete
  4. Ternyata gitu caranya terima kasih gan

    ReplyDelete
  5. Ternyata pengaturan tab stop di word itu sangat mudah penerapannya. Namun ada hal masih membingungkan saya min, kenapa kalau misalkan kita sudah mengatur tab stop di word dengan rapai, namun setelah di paste ke blog malah berantakan?

    ReplyDelete
  6. Lengkap tutorialnya nih "Tutorialduaenam", teknis yang seperti ini jarang diketahui oleh orang seperti saya, yang tidak begitu ngeh sama dasar penggunaan Ms. Word... Tab Stop ini memudahkan dari pada harus pakai spasi berkali-kali, dan lebih rapi...

    ReplyDelete
  7. sangat lengkap sekali tutorial di tutorialduaenam, terutama tutorial tentang penggunaan ms word, semoga bermanfaat min

    ReplyDelete
  8. Terima kasih bro setelah membaca ini saya jadi lebih mengetahui ms word. tutuorialduaenam emang mantul. Terus update ya bro..

    ReplyDelete
  9. Bertambah ilmu setelah membaca artikel ini jossss mantapπŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel