Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kenapa Kebanyakan Barang Asalnya dari Cina ? Yuk Tahu

 


Tulisan Made In China pastinya sudah tak asing lagi bagi anda yang suka belanja. Mulai dari baju, sepatu, tas hingga alat-alat elektronik seperti Hp, Jam tangan dan TV.

Lalu mengapa  banyak sekali barang yang dibuat dinegara China ?

Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa China banyak menjual barang mereka keluar negeri termasuk Indonesia.

Pertama , karena penduduk mereka yang banyak. Menurut National Beurau of Statistic China tahun 2021  China memiliki penduduk sebanyak 1.411.780.000 jiwa.
Penduduk yang banyak membuat penduduk mengalami persaingan kerja yang ketat sehingga membuat mereka rela dibayar murah. Dibanding dengan Amerika, upah 1 pekerja Amerika setara dengan 4-5 pekerja Tiongkok (China). Lalu upah yang sangat minim inilah yang berpengaruh pada biaya pembuatan barang yang juga rendah. Sehingga mereka bisa membuat barang dalam jumlah yang banyak.

Selain itu beberapa kota di China telah disulap menjadi pusat penyedia berbagai jenis barang. Contohnya kota Shenzhen yang dulunya adalah kota nelayan kini menjadi kota penghasil barang elektronik. 90% barang elektronik dunia berasal dari kota tersebut.

Selain itu ada beberapa alasannya lainnya, seperti penghapusan pajak ekspor impor dan penekanan nilai mata uang negara. Dengan semua hal tersebut maka Tiongkok (China) menjadi negara Manufaktur Terbesar di Dunia.

Tapi mungkin ada yang bertanya-tanya . Seharusnya negara ini menjadi negara yang tertutup karena pemerintahan mereka yang keras ? . Semua bermula pada pemimpin Tiongkok bernama Deng Xiaoping . Pemimpin tiongkok satu ini membuat ekonomi Tiongkok lebih bebas dan berkembang.

Pendahulu Deng Xiaoping  menganggap semua itu harus diurus oleh pemerintah pusat. Hal ini menyebabkan bencana kelaparan besar di Tiongkok. Sebanyak 15-55 Juta Orang Tiongkok meninggal karena kelaparan.

Lalu kemudian ketika Deng Xiaoping memimpin, ia kemudian membuka negaranya untuk investasi dari luar dan fokus pada industri-industri kecil.
Kemudian didukung dengan kebijakan-kebijakan lainnya. Sehingga lambat laun China menggeser posisi negara Adidaya Amerika Serikat menjadi penguasa ekonomi dunia.

Dan tentu saja kekuasaan ekonomi negeri panda ini terasa hingga ke Indonesia. Faktanya China menjadi teman akrab perdagangan Indonesia. Bukan hanya dilevel negara, hal tersebut juga terasa hingga ke masyarakat umum yang sangat menyukai belanja online lansung dari China atau biasa disebut Cross Border (Transaksi Lintas Negara) . Simplenya inilah yang membuat masyarakat Indonesia dengan mudah berbelanja lintas negara hanya melalui toko Online dengan harga yang sangat terjangkau.

Namun sayangnya banyak hal negatif yang kemudian timbul dari kemudahan tersebut. Seperti banyaknya barang luar negeri yang mudah membuat produk lokal kalah saing dan ujungnya dapat mempengaruhi ekonomi negara Indonesia.

Oleh karenanya untuk mencegah hal tersebut maka lebih baik membeli produk dalam negeri

Post a Comment for "Kenapa Kebanyakan Barang Asalnya dari Cina ? Yuk Tahu"