Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tutorial Cara Mengunci (Freeze) Kolom atau Baris di Excel Android

 


Microsoft Exel adalah sebuah aplikasi pengolah data yang beberapa fiturnya mempermudah penggunanya dalam mengolah data mereka. Tidak hanya di Laptop Pc, Exel pun bisa di akses oleh pengguna android.

Dalam file yang cukup banyak dan besar, baik di pc maupun smartphone dibutuhkan fitur freeze untuk mengunci salah satu baris ataupun kolom untuk memudahkan penggunanya melihat data. Lalu bagaimana cara menggunakan fitur ini ? Simak tutorialnya.

1. Buka file yang akan di lihat. Kemudian jika anda ingin mengunci kolom. Maka blok kolom setelah kolom yang akan di kunci. Contoh, jika anda ingin mengunci kolom B , maka yang harus anda blok adalah kolom C. Seperti pada gambar dibawah ini. Kolom yang akan di kunci adalah kolom B yaitu kolom kegiatan,maka yang di blok adalah kolom setelahnya yaitu januari . Kolom januari berada di kolom C , maka yang di blok adalah kolom C. Kemudian klik segitiga di sudut kanan bawah.


2. Kemudian klik petunjuk nomor 1 pada gambar dibawah ini. Lalu pilih tampilan

3. Swipe kebawah , pilih bekukan panel. Klik bekukan panel

Coba geser kekiri, maka kolom kegiatan tidak akan bergeser. 

4. Kemudian untuk baris , memiliki cara kerja yang sama saja. Contoh jika anda ingin mengunci baris header. Jika header berada pada baris 2, maka yang anda blok adalah baris nomor 3 . Seperti pada contoh dibawah ini. Setelah diblok klik bekukan panel.

Setelah itu geser keatas, maka header tidak akan bergerak. 

Selamat mencoba

Post a Comment for "Tutorial Cara Mengunci (Freeze) Kolom atau Baris di Excel Android"