Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

7 Tata Krama Sepele Tapi Penting Yang Buat Lebih Berkelas

 Tata krama adalah perlakuan baik yang selalu yang selalu kita pelajari seiring  bertambahnya usia. Tetapi tidak jarang kita membuat kesalahan-kesalahan kecil dan kita tidak sadar bahwa yang kita lakukan adalah kesalahan sehingga membuat orang lain tersinggung. 

Agar menjadi manusia yang lebih baik, tidak menyinggung perasaan orang lain, atau memiliki sikap yang baik ada baiknya kita membuat memperbaik standar kita tentang apa saja yang dianggap sopan. 

Etika sangat penting dalam kehidupan sosial kita setiap hari. Bagaimana kita bersikap sangat berpengaruh pada hal hal disekitar kita. Boleh jadi orang-orang akan sangat senang bergaul dengan kita hanya karena kita memiliki tata krama sepele tapi sangat berharga bagi orang lain. 

Berikut 6 tata krama sepele tapi penting yang bisa membuat kamu lebih berkelas. 

1. Tidak boleh memesan lebih mahal dari orang yang mentraktir


Jika kamu tau akan di traktir usahakan kamu memesan sesuatu yang tidak lebih mahal dari apa yang pesan orang yang mentratirmu. Terdengar sepele tapi anggap saja ini adalah keberuntunganmu, agar di hari hari selanjutnya orang tersebut akan mentraktirmu lagi. 


2. Menggunakan bahasa yang tepat di waktu yang tepat


Hal ini mungkin tidak mengganggu bagi beberapa orang, namun tidak semua orang bisa menerima itu. Bahasa bersama tongkrongan dan bahasa orang yang mungkin jarang kita temui pastinya berbeda. Tingkat keakraban biasanya di ukur dari cara berbahasa, semakin akrab kita dengan seseorang maka semakin nyaman kita menggunakan bahasa sehari-hari kita. Namun kita kadang menggunakan bahasa bahasa mengutuk kepada orang orang akrab kita, jika berada di tengah tengah orang yang tidak begitu akrab atau jarang bertemu jangan mengutuk jika tidak yakin. Karena tidak semua orang nyaman dengan kalimat kalimat seperti itu. 

3. Jangan Menegur seseorang ditengah banyak orang


Jika temanmu mengatakan sesuatu yang menurutmu salah maka jangan menegurnya didepan orang lain. Beritahu kesalahannya disaat hanya ada kamu dan temanmu saja. Ini bagian dari menjaga perasaan temanmu di depan orang lain. Jangan sampai temanmu malu karenamu. 

4. Jangan membahas sesuatu yang membuat temanmu Insecure hanya karena kamu hanya ingin validasi 


Contoh "wah ternyata aku kurus juga yah" padahal kamu tau temanmu insecure tentang hal itu. Ini bagian dari bagaimana menghargai temanmu. Mungkin kamu hanya benar benar ingin validasi bahwa kamu memang kurus misalnya namun hal itu bisa saja membuat temanmu tersinggung tanpa kamu sadari.

5. Jangan ikut pembahasan yang kamu tidak tau fakta aslinya


Jika pun kamu ingin bertanya atau menambahkan pembicaraan izinlah terlebih dahulu jangan lansung memotong pembicaraan orang lain. 

6.  Kurangi mengeluh, gibah, dan hal negatif lainnya kepada orang yang tidak begitu kamu kenal


Mengeluh pada orang yang tidak terlalu dekat dengan kamu hanya akan membuat orang lain risih dan bisa jadi akan jadi bahan pembicaraannya kepada orang lain nantinya. Seperti gibah, pada hakikatnya membicarakan orang lain adalah hal yang tidak terpuji. Membicarakan orang lain kepada orang yang tidak begitu tidak kita kenal akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada orang tersebut dan akan membangun hubungan pertemanan yang tidak sehat antara kamu dan orang tersebut. 

7. Jangan asal pegang barang orang lain saat tanganmu jika tanganmu kotor


Jika kamu habis bersin, batuk atau mungkin ngupil sebaiknya lakukan di kamar kecil kemudian cuci tanganmu. Melakukan hal tersebut kemudian barang orang lain adalah hal yang tidak sopan dan bisa jadi sumber penyakit. 

Itulah tadi beberapa tatakrama yang mungkin terdengar sepele tapi sangat penting agar kamu dikenal sebagai orang dengan sopan santun yang baik. 

Post a Comment for "7 Tata Krama Sepele Tapi Penting Yang Buat Lebih Berkelas"