Tips Hidup Sehat Agar Tidak Mudah Sakit

Tips Hidup Sehat

Dengan menerapkan pola hidup sehat maka tubuh akan menjadi lebih kuat, lebih muda, dan berumur panjang. 

Pola hidup sehat perlu diterapkan sejak dini. Banyak orang tidak menjalani pola hidup sehat karena dianggap sulit. Namun, untuk menjadi orang yang sehat tidaklah sulit.

Perhatikan saja diet Anda dan aktiflah. Bila Anda telah menanamkan pola hidup sehat sejak remaja, tentunya akan terhindar dari penyakit yang serius. Jika pola makan Anda tidak sehat dan Anda jarang berolahraga, bisa jadi Anda kelebihan berat badan, yang akan berujung pada obesitas.

Baca Juga: Tips Hidup Sehat Selama Pandemi yang Menyenangkan untuk Dilakukan

Orang dengan obesitas sangat rentan terhadap beberapa penyakit degeneratif seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes.

Berikut tips hidup sehat yang alami dan harus Anda jalani.

Jalani Pola Makan Bergizi Seimbang

Berbagai macam gaya hidup sehat bisa dipilih. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti pola makan bergizi seimbang. Dalam satu kali makan, harus ada makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak dan serat.

Karbohidrat berfungsi sebagai energi tubuh sedangkan protein berguna untuk meregenerasi sel tubuh. Pastikan juga untuk mengonsumsi sayur dan buah agar tidak hanya karbohidrat dan protein, tapi juga vitamin, mineral, dan serat.

Hindari Makanan Kimia Tinggi

Sekarang banyak sekali makanan yang diolah dengan cara instan. Makanan ini mengandung pengawet dan bahkan pewarna makanan. Tidak boleh dikonsumsi, Anda bisa menikmatinya maksimal seminggu sekali.

Hindari jajanan yang memiliki warna cerah karena dapat mengandung zat pewarna yang jika menumpuk terlalu lama di tubuh akan berbahaya.

Perhatikan asupan serat

Gaya hidup remaja saat ini perlu diwaspadai. Ini karena mereka lebih banyak mengonsumsi makanan rendah serat tetapi tinggi natrium seperti makanan cepat saji.

Asupan serat harian harus tercukupi. Serat bermanfaat untuk menjaga kelancaran pencernaan sehingga sistem pencernaan tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Batasi Konsumsi Garam, Gula, dan Lemak

Konsumsi gula, garam dan lemak (GGL) yang berlebihan merupakan salah satu faktor masalah gizi di Indonesia setiap tahun untuk semua umur. Maka tidak heran, jika di usia 30 ke atas, banyak orang yang menderita serangan jantung atau diabetes.

Agar tetap sehat, tentunya setiap orang perlu mengetahui batasan konsumsi maksimal ketiga bahan tersebut. Batasan konsumsi gula maksimal adalah 4 sendok makan, 1 sendok teh garam, dan 5 sendok makan lemak per hari untuk setiap orang.

Asupan Vitamin yang Cukup

Asupan vitamin alami bisa didapat dari sayur dan buah. Buah yang dikonsumsi tidak perlu mahal. Dapatkan manfaat pola hidup sehat dengan rajin mengonsumsi pepaya, pisang, dan semangka. Kandungan vitaminnya bisa membuat tubuh lebih sehat.

Olahraga secara teratur

Untuk menjaga tubuh tetap sehat selain makan makanan yang sehat juga di ikuti dengan olahraga yang teratur. Jalan kaki, jogging, yoga, dan beberapa jenis olahraga lainnya bisa membuat tubuh bugar. Untuk menambah semangat berolahraga, kalian bisa melakukannya di tempat yang menawarkan pemandangan yang sejuk dan indah.

Baca Juga: Tempat Wisata di Jogja Paling Populer

Hindari Gaya Hidup yang Membahayakan Kesehatan

Pola hidup sehat bertujuan agar tubuh terhindar dari penyakit dan mampu melakukan aktivitas normal. Pertimbangkan untuk menghentikan kebiasaan buruk yang ramah kesehatan seperti merokok dan mengonsumsi alkohol.

Kebutuhan Cairan Tidak Memadai

Hampir 70 persen tubuh kita adalah cairan. Agar kulit tidak mengering dan tubuh bisa bekerja maksimal, Anda butuh cairan. Dianjurkan minum 6-8 gelas air setiap hari.

Paparan Matahari Pagi

Seringkali berada di ruangan ber-AC membuat Anda terhindar dari sinar matahari. Selain dari makanan, ternyata vitamin D bisa didapatkan dari paparan sinar matahari di pagi hari. Vitamin D berfungsi meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko penyakit autoimun.

Hindari Stres

Beban hidup yang berat bisa mendatangkan stres. Untuk mendapatkan gaya hidup sehat, mengelola stres perlu dilakukan. Dan jangan lupa istirahat yang cukup.

Demikian tips yang bisa dilakukan agar tidak mudah sakit, semoga bermanfaat dan jangan lupar berbagi pengetahuan.

0 Response to "Tips Hidup Sehat Agar Tidak Mudah Sakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel