Tips Memperluas Jangkauan Postingan Instagram

Tips Memperluas Jangkauan Postingan Instagram

Saat ini, Instagram termasuk salah satu media sosial (medsos) paling populer di dunia dengan pengguna aktif bulanan mencapai 1 miliar. Jadi tak mengherankan apabila para pelaku usaha tertarik untuk memperluas jangkauan pasarnya melalui medsos tersebut. Selain karena kepopulerannya, Instagram juga diminati karena fitur-fiturnya yang sangat membantu pelaku usaha, seperti fitur Instagram Shopping yang baru-baru ini diluncurkan.

Namun yang menjadi tantangan adalah bagaimana memaksimalkan penggunaan fitur yang telah disediakan untuk memperluas jangkauan postingan Instagram Anda karena faktanya tidak semua postingan atau konten yang kita unggah mendapatkan jangkauan yang luas atau banyak, mengapa demikian?

Salah satu alasannya adalah pembatasan oleh Instagram terhadap akun-akun yang terindikasi menyalahgunakan atau melanggar pedoman komunitas yang dikenal dengan istilah shadow banned. Selain itu, kurangnya engagement atau interaksi, baik berupa like, comment, ataupun share terhadap postingan juga menjadi penyebabnya.

Tips Memperluas Jangkauan Postingan Instagram

Menghindari pelanggaran pedoman komunitas tentunya menjadi hal utama untuk memperluas jangkauan postingan, karena jika terindikasi melanggar maka tips berikut ini tidak akan banyak membantu.

  1. Konten interaksi tinggi 
    Perubahan algoritma Instagram saat ini didesain agar menyerupai kehidupan sosial manusia di dunia nyata, dimana hubungan akan semakin baik jika terjadi interaksi antara satu orang dengan orang lain. Sehingga konten atau postingan yang baik haruslah menghasilkan interaksi, baik berupa likecomment, dan yang lainnya. Seperti apa contohnya? Anda dapat mempertimbangkan mengunggah konten kuis, polling, dsb. Selain itu, upayakan menggunakan kata-kata yang bersifat promosi (ajakan) dan menarik baik pada konten (foto/gambar/video) maupun caption.
  2. Waktu posting yang tepat
    Kapan waktu yang tepat? jika Anda menggunakan akun instagram bisnis (Instagram for Business) maka Anda dapat melihat dan menganalisa kapan waktu yang tepat untuk memposting pada menu Insight. Caranya klik Insight pada beranda akun, kemudian pada Pemirsa Anda klik Lihat Semua. Namun jika masih belum menguasainya, Anda dapat mengikuti rekomendasi waktu posting berdasarkan penelitian yaitu pukul 02.00 dini hari dan 17.00 sore, dan sebaiknya menghindari posting pada pukul 09.00 pagi dan 18.00 (source: Latergremme)
  3. Gunakan Hashtag untuk membangun komunitas
    Selain penggunaan Hashtag yang populer dan relevan dengan niche atau tema postingan kita, lebih baik lagi apabila mampu membangun komunitas. Contohnya hashtag #PastiAdaJalan yang dipopulerkan oleh Gojek agar para "Cerdikiawan" dapat berbagi kisah mereka.
    Hashtag Membangun Komunitas

  4. Tingkatkan jumlah Followers
    Secara logika, semakin banyak followers atau pengikut yang Anda miliki maka semakin banyak pula interaksi yang terjadi, dan semakin besar pula potensi jangkauan postingan Anda. Hal tersebut menjadi alasan utama Anda harus berupaya meningkatkan jumlah followers, salah satunya dengan membeli followers instagram.
    Namun jika akun Instagram Anda ditujukan untuk bisnis/promosi produk, maka jumlah followers Anda sebaiknya berimbang antara jumlah postingan dengan tingkat interaksi pada setiap postingan. Pada kondisi seperti ini juga terkadang dibutuhkan auto likes untuk menyeimbangkannya agar terjadi pertumbuhan followers yang baik kedepannya. Untuk mendapatkan atau meningkatkan followers maupun likes, Anda dapat berkunjung ke https://free.panelpedia.net/ 

Demikian tips memperluas jangkauan postingan Instagram yang bisa Anda lakukan, semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca Tutorial26. Sekian dan jangan lupa berbagi pengetahuan.

0 Response to "Tips Memperluas Jangkauan Postingan Instagram"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel