Cara Mudah Akses SD Card HP Android Tanpa Kabel Data

Pernah gak kamu mengalami kesulitan ketika ingin saling berkirim file, baik itu sesama smartphone Android maupun dengan Personal Computer (PC). Kalau ke sesama Android tak masalah sih, hanya permasalahan kecil dan masih ada metode lain buat saling berkirim file. Salah satunya dengan menggunakan koneksi bluetooth.

Teknologi Bluetooth sepertinya terlihat jadul ketika digunakan, apalagi kecepatan transfernya sangat rendah sedangkan file yang ingin kamu kirim berukuran besar dan banyak. Hmmm masih ada Share It kan, πŸ˜€ Saya rasa hampir semua ponsel sudah menginstall aplikasi yang sangat berguna ini.

Lalu bagaimana dengan PC atau hp lain ketika kamu tidak mempunyai aplikasi Share It? Pasti akan sangat menyulitkan bukan. Nah oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya mau sedikit berbagi cara mengirim file ke PC dan Android lainya tanpa harus menginstall Share It ataupun menggunakan kabel data.

Cara ini juga bisa digunakan untuk me-manage file di hpmu dari perangkat lain loh? Seperti remote server gitu, dimana kamu bisa mengedit, menghapus, membuka (play), menyalin file yang ada dihp kamu pada perangkat lainya. Penasaran gimana caranya? Yuk simak infonya berikut ini :

Cara Mudah Akses SD Card HP Android tanpa Kabel Data

Sebelum membaca tahapanya ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu aplikasi yang akan kita gunakan kali ini. Dalam hal ini saya menggunakan aplikasi X-Plore BRM Mod. Jika kamu belum punya silakan unduh terlebih dahulu aplikasinya melalui link diatas.

Tahapan Mengirim File

Okey lanjut ke tahap berikutnya, untuk bisa saling berkirim file ponsel kamu dengan ponsel/PC lainya harus terhubung dalam jaringan yang sama. Pastikan tidak terkoneksi ke internet, agar tidak mengganggu proses transfer data yang kita lakukan melalui protokol 192.168.43.

Silakan hubungkan wifi dan hotspot kedua perangkat yang ingin saling berbagi file. Bebas mau perangkat mana saja yang dihidupkan wifi/hotspotnya, yang penting kamu sudah membuat sebuah jaringan LAN dan saling terkoneksi.

Saat mengirim kamu bisa menggunakan metode download dan upload, dimana salah satu smartphone harus kamu jadikan sebagai server. Untuk membuat server, silakan lakukan tahapan dibawah ini:
  1. Jalankan aplikasi X-Plore kamu
  2. Pilih Menu Berbagi file wifi
  3. Kemudian klik Server, dan pilih mulai
Selesai sekarang kamu sudah mempunyai server dan sudah bisa saling berkirim file. Untuk menerima filenya, kamu bisa menggunakan browser ataupun aplikasi X-Plore di Hp satunya, jika kamu menggunakan X-Plore lakukan langah berikut ini:
  1. Jalankan aplikasi X-Plore kamu
  2. Pilih Menu Berbagi file wifi
  3. Kemudian klik tambahkan perangkat, lalu pindai
  4. Jika ketemu akan muncul ID Device baru
Nah ID Device tersebut adalah memory penyimpanan yang bisa kamu kendalikan dari smartphone penerima. Disini kamu bisa menyalin filenya ke memory Internal/Eksternal ponsel kamu. Kecepatan transfernya maks 5MB/detik.

Tidak hanya itu kamu juga bisa mengirim file ke ponsel satunya, caranya dengan menyalin file pada ponsel kamu ke memory Eksternal/Internal ponsel pengirim. Cara ini sangat cocok digunakan untuk saling berkirim file jika jumlah file yang ingin kamu kirim banyak, bahakan bisa digunakan untuk membackup semua isi penyimpanan ponselmu hanya dengan beberapa klik saja.

Menggunakan Laptop/Computer Tanpa kabel USB

Kamu juga bisa saling berkirim file loh, caranya simple. Buka browser Chrome pada komputer kamu, lalu ketikan IP Address server yang tertera pada ponsel pengrim. Masukan semua termasuk pot 1111 nya.

Kalau sudah coba buka, dan halaman dengan tampilan web yang berisi semua file hape kamu akan tampak didepan layar. Disini juga bisa memutar file video, mengedit, menghapus, memindahkanya ke komputermu bahkan mengunggah file (kirim file).


Tahapannya cukup mudahkan? Semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca. Oiya jika kamu menemukan kendala, ada pertanyaan atau masalah lain silakan tanyakan di kolom komentar. Terakhir, jangan lupa berbagi pengetahuan.

11 Responses to "Cara Mudah Akses SD Card HP Android Tanpa Kabel Data"

  1. Mudah banget ya kak untukakses SD Card Android tanpa kabel data ya hanya perlu donlot aplikaso x-plore BRM Mod, makasih atas info yang bermanfaat kak.

    ReplyDelete
  2. Mudah gan bermanfaat tipsnya bisa dicoba t, tapi kalau saya biasanya pake share it, ato share link ,, hhh

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat mas syahrul tutorialnya

    ReplyDelete
  4. Wah bisa ya tanpa kabel data..baru tau keren infonya baru tau sy..

    ReplyDelete
  5. Terima kasih infonya gan πŸ™

    ReplyDelete
  6. Yang penting sih harus punya aplikasinya. Tapi menurut saya, share it yg gak pake ribet gan😁

    ReplyDelete
  7. mantap jadi tau ane... biasanya bingung kalo gaada kabel data mau transfer data wkwk

    ReplyDelete
  8. Sangat bermanfaat, terima kasih infonya kak....

    ReplyDelete
  9. Bagus untuk diterpkan terimakasih informasinya

    ReplyDelete
  10. wiihh.. ternyata bisa kekgini ya.. baru tau saya.. nice tips mas. thanks.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel