Mengelola Halaman atau Page CorelDraw

Apa kabar pembaca TutorialDuaEnam?? Semoga sehat selalu Aamiiin. Pada tutorial kali ini kita akan belajar Mengelola Halaman atau Page CorelDraw melalui Drawing Page/Document NavigatorMengelola halaman/page coreldraw dapat diatur ketika teman-teman membuat lembar kerja baru. Tapi terkadang saat bekerja atau mendesain, kita  membutuhkan perubahan terkait halaman kerja, misalnya kita ingin menambah halaman baru atau sekedar menamai halaman tertentu. 

Kita tentu dapat melakukan hal tersebut dengan menggunakan fasilitas yang telah disediakan oleh CorelDraw seperti berikut ini:


  1. Rename Page: untuk mengubah nama halaman (page). Klik Kanan Page yang ingin teman-teman Rename kemudian klik Rename, setelah itu ketikkan nama yang diinginkan kemudian OK.
  2. Insert Page After: untuk menambah atau menyisipkan halaman baru dibagian kanan atau setelah halaman aktif. Caranya: Klik Kanan Page 1 lalu pilih Insert Page After atau Klik tanda + (paling kanan) di Drawing Page maka akan muncul Page baru setelah Page 1.
  3. Insert Page Before: untuk menambah atau menyisipkan halaman baru dibagian kiri atau sebelum halaman aktif. Caranya: Klik Kanan Page 1 lalu pilih Insert Page Before atau Klik tanda + (paling kiri) di Drawing Page maka akan muncul Page baru sebelum Page 1.
  4. Duplicate Page: untuk mencopy atau menggandakan halaman tertentu. Terdapat beberapa pilihan yang akan muncul pada kotak dialog Duplicate Page yaitu kita memilih letak page hasil penggandaan apakah sebelum atau sesudah page aktif dan memilih apakah hanya menggandakan halaman/Drawing Page atau menggadakan halaman sekaligus konten yang berada pada halaman tersebut.
  5. Delete Page: untuk menghapus page yang tidak dibutuhkan 
  6. Switch Page Orientation: merubah bentuk Drawing Page dari Potrait menjadi Lanscape atau sebaliknya.
  7. Publish Page to ConceptShare: merupakan fitur yang tersedia pada versi X4 sampai dengan versi terbaru. Fitur ini memungkinkan teman-teman untuk berbagi konsep desain dengan yang lain dan mendapatkan tanggapan mereka.
Sekian untuk postingan ini, semoga dapat memberikan manfaat kepada teman-teman pembaca. Jangan lupa berbagi dan tunggu artikel selanjutnya. 

3 Responses to "Mengelola Halaman atau Page CorelDraw"

  1. Penjelasan tentang mengelola halaman dicorel draw singkat padat jelas ternyata gak susah ya... Terima kasih min

    ReplyDelete
  2. mantul gan tutor Mengelola Page CorelDraw .. mudah di pahami,, tankyu min

    ReplyDelete
  3. Gan, tolong buatin tutorial membuat cover ebook di coreldraw ya. Soalnya ane masih belum paham caranya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel