Cara Membuat dan Mengatur Nomor Halaman Otomatis CorelDraw

Teman-teman pembaca TutorialDuaEnam kali ini kita akan membahas mengenai penomoran halaman di CorelDraw dimana kita dapat membuat nomor halaman otomatis, mengatur letak nomor halaman, mengatur format nomor (Romawi, Alphabet, dan lain-lain). 

Fitur ini akan sangat dibutuhkan bagi mereka yang mungkin suka mendesain buku atau majalah di Coreldraw. Jadi tinggalkan cara manual yang melelahkan dan ikuti Cara Membuat dan Mengatur Nomor Halaman Otomatis CorelDraw berikut ini:


Membuat dan Mengatur Nomor Halaman Otomatis CorelDraw



  1. Untuk memastikan nomor halaman otomatis telah berhasil, silahkan buat beberapa halaman.
  2. Selanjutnya klik Menu Layout --> Insert Page Number --> Pilih opsi sesuai keinginan
  3. Keterangan:
    1. On Active Layer untuk memasukkan nomor halaman pada layer/drawing page yang sedang aktif
    2. On All Pages untuk membuat nomor halaman di semua halaman
    3. On All Odd Pages untuk memasukkan nomor halaman pada halaman yang berposisi ganjil (Page 1, Page 3, Page 5, dst.)
    4. On All Even Pages untuk memasukkan nomor halaman pada halaman yang berposisi ganjil (Page 2, Page 4, Page 6, dst.). Fitur ini hanya dapat di gunakan ketika sebelumnya telah menggunakan fitur On All Odd Pages 
  4. Setelah memilih salah satu opsi di atas, maka secara otomatis muncul nomor halaman pada posisi tengah bawah (seperti pada halaman pada umumnya). Untuk mengatur posisi nomor halaman, cukup dengan menggeser atau menggerakkan nomor halaman.
  5. Sedangkan untuk mengatur format nomor halaman, klik menu Layout --> Page Number Setting maka akan muncul kotak dialog Page Number Setting
  6. Jika diperlukan tambahkan objek yang dapat membuat nomor halaman semakin menarik.

Membuat Penomoran Otomatis dengan Macros


  1. Seperti langkah pertama di atas, siapkan beberapa halaman kerja/page
  2. Setelah itu klik menu Tools --> Macros --> Run Macro pada Menu Bar. 
  3. Selanjutnya muncul kotak dialog Run Macro. Silahkan teman-teman sesuaikan dengan tampilan dibawah ini, kemudian klik Run
  4. Setelah itu muncul kotak dialog Page Numbering yang terdapat tiga bagian yaitu General, Font, dan Effect. Yang  perlu di perhatikan: pada bagian General yaitu:
     
    1. Label Text (saat memasukkan teks untuk label Anda, perhatikan bahwa tanda pound (#) mewakili halaman saat ini, dan tanda bintang (*) menunjukkan jumlah total halaman. 
    2. Left/Right Margins: menentukan letak nomor halaman yang diukur dari margin kanan atau kirim drawing page. 
    3. Top/Bottom Margins: untuk menentukan letak nomor halaman yang diukur dari margin atas atau bawah drawing page
  5. Selanjutnya yaitu mengatur bagian Font dari kotak dialog Page Numbering
    1. Font: menetukan jenis font yang digunakan sebagai nomor halaman. 
    2. Font Aligment: untuk menentukan posisi nomor halaman, misalnya kanan atas, kiri bawah, tengah atas, kanan bawah, dan lain-lain. 
    3. Font Size: menentukan ukuran font nomor halaman. 
    4. Font Color: menentukan warna dari nomor halaman, klik Change Color untuk memilih warna yang diinginkan.
  6. Bagian selanjutnya yaitu Effects, dimana terdapat pilihan untuk merotasi nomor halaman atau tidak. Untuk mengaktifkan rotasi klik Yes dan silahkan pilih derajat yang tersedia atau dapat menuliskan sendiri rotasi yang diinginkan pada Rotation Angle
  7. Setelah disesuaikan, selanjut klik Apply untuk menerapkan/menjalankan nomor halaman otomatis, Clear Labels untuk meniadakan label atau nomor halaman, dan Exit untuk keluar dari kotak dialog Page Numbering.
  8. Finish dan lihat hasilnya.

Demikian pembahasan kita tentang bagaimana membuat dan mengatur nomor halaman otomatis pada CorelDraw, baik menggunakan fitur Insert Page Number atau Macro. Semoga bermanfaat bagi teman-teman dan jangan lupa untuk selalu berbagi pengetahuan.


5 Responses to "Cara Membuat dan Mengatur Nomor Halaman Otomatis CorelDraw"

  1. Terima kasih bro saya jadi lebih mengetahui untuk memahami corel draw setelah membaca artikel ini. Update terus ya bro, kita semua selalu menunggu update an terbaru darimu bro.

    ReplyDelete
  2. baru tau ada tekniknya kaya gini..
    sangat membantu! langsung saya praktekan gan!

    ReplyDelete
  3. Oh jadi caranya kayak gitu ya gan mengatur nomor halaman di corel?😁 saya juga nih suka mendesain buku di corel cuma gak tau aja cara penomorannya. Thanks nih 😆

    ReplyDelete
  4. tutorial yang sangat bermanfaat.. makasih bro ilmunya

    ReplyDelete
  5. oalah ternyara sepeti ini cara membuat dan mengatur nomer halaman di corel draw dan juga Membuat Penomoran Otomatis dengan Macros di coreldraw, baru tau aku. Terimakasih tutorialnya semoga bermanfaat

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel