10 Trik Ms Word untuk Mempermudah dan Mempercepat Pekerjaan

Hampir setiap pengguna komputer pasti mengenal program Microsoft Word atau Ms Word, terlebih bagi mahasiswa atau pekerja muda yang menggunakan komputer dapat dipastikan sudah sangat familiar dengan program tersebut. Ms Word sendiri banyak digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas mata kuliah seperti Makalah, Laporan, dan Skripsi. Itu karena pada dasarnya program ini memang dikhususkan untuk mengolah kata, atau dalam bahasa sederhanya untuk ngetik.

Meski sering menggunakan Ms Word, namun tentu tidak semua pengguna mampu bekerja dengan efektif dan efisien dalam menyelesaikan pekerjaannya. Hal tersebut mungkin terjadi karena urangnya pengetahuan tentang setiap keguanaan dari semua menu, tombol, dan sebagainya. 


Nah, kali ini TutorialDuaEnam akan berbagi trik mengenai Ms Word yang sudah seharusnya diketahui oleh para pengguna program ini. Jadi silahkan disimak karena trik berikut ini akan sangat mempermudah dan mempercepat proses pengerjaan teman-teman.



10 Trik Ms Word untuk Mempermudah dan Mempercepat Pekerjaan

  1. Ctrl+Space Bar untuk Mengubah Format Teks ke Teks Normal. Sering kali dibutuhkan berbagai data dari internet untuk keperluan menyelesaikan tugas, namun terasa menyebalkan ketika data yang di-copy tersebut menjadi berantakan ketika di-paste ke Ms Word. Jadi akan membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk menyusunnya secara manual. Tapi ternyata ada cara mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan menyeleksi teks yang berantakan kemudian menekan Ctrl+Space Bar, maka format teks akan menjadi default atau normal.
  2. Ctrl+Shift+ > untuk Memperbesar atau  Ctrl+Shift+< untuk Memperkecil Teks secara Cepat. Jika biasanya kita menggunakan Font Size untuk mengubah ukuran teks, dengan menekan tombol tersebut kita tidak perlu lagi melompat ke Font Size. Caranya yaitu block teks yang akan diubah ukurannya, kemudian tekan Ctrl+Shift+> untuk memperbesar dan Ctrl+Shift+< untuk memperkecil. Maka ukurannya akan bertambah atau berkurang 2pt setiap sekali tekan setelah ukuran teks 11pt. Misalnya 9pt, 10pt, 11pt, 12pt, 14pt, 16pt, dan seterusnya.
  3. Blok Satu Kata Lebih Mudah dengan 2x Klik. Memblok atau menyeleksi satu kata mungkin hal yang paling sering dilakukan. Cara yang umum digunakan adalah klik dan drag, klik dari huruf pertama sampai terakhir. Namun ada cara yang jauh lebih cepat untuk menyeleksi satu kata yaitu dengan meng-Klik 2x kata yang ingin diseleksi.
  4. Klik 3x untuk Menyeleksi Satu Paragraf. Masih banyak diantara pengguna Ms Word yang menghabiskan banyak waktu dalam menyeleksi paragraf, mereka mengklik dan mendrag kursor dari awal hingga akhir paragraf. Padahal cukup dengan klik 3x pada pada bagian manapun di paragraf yang ingin diseleksi maka paragraf akan terseleksi secera otomatis. Cara tersebut akan sangat berguna untuk menyeleksi paragraf yang terlalu panjang.
  5. Shit+F3 untuk Mengubah Teks ke Bentuk UPPURCASE, Sentence case, atau lowecase. Terkadang setelah menulis judul dengan huruf kapital kita lupa mematikan Capslock keyboard sehingga semua ketikan setelahnya juga menjadi huruf kapital. Dari pada mengeditnya secara manual akan lebih cepat ketika menggunakan Shift+F3. Caranya cukup mudah, blok teks yang ingin diubah kemudian tekan Ctrl+F3 maka teks tersebut akan berubah menjadi lowercase (huruf kecil semua), tekan sekali lagi menjadi Sentence case (huruf pertama menjadi kapital huruf kapital) , dan tekan sekali lagi akan kembali menjadi UPPERCASE (semua huruf kapital). Jadi tinggal memilih bentuk yang diinginkan. 
  6. CTRL+Klik Untuk Memblok Satu Kalimat. Untuk memblok satu kalimat ditengah paragraf terdapat kesulitan tersendiri. Terkadang klik dan drag kursor terlepas, blok melebihi kalimat atau tidak sampai akhir kalimat. Nah dengan menekan Ctrl+Klik Kalimat yang ingin diblok maka secara otomatis kalimat tersebut akan terseleksi secara cepat, jadi sangat mengefisienkan waktu.
  7. Shift+F5 untuk Melompat ke Bagian Paling Aktif pada File. Tidak dapat dipungkiri mengerjakan tugas yang panjang seperti makalah butuh berlembar-lembar halaman. Biasanya dalam mengedit file kita menggunakan tombol scroll pada Mouse atau Navigasi halaman yang berada disamping kanan untuk menggulir halaman. Ternyata untuk lebih efisien, tekan Shift+F5 maka halaman akan meloncat-loncat ke bagian yang paling aktif pada file. Bagian aktif yang dimaksud merupakan bagian yang sering di edit atau terakhir kali di edit.
  8. Membuat Halaman Baru Lebih Cepat dengan Ctrl+Enter. Banyak diantara pengguna Ms Word yang menekan tombol Enter secara berulang-ulang untuk membuat atu beralih ke halaman baru. Cara tersebut memang bekerja, tapi masalahnya ketika Anda mengedit halaman di atasnya maka secara otomatis halaman selanjutnya akan berubah. Jadi yang sudah rapi di bagian bawah harus di susun lagi. Cara agar masalah tersebut tidak terjadi yaitu dengan Ctrl+Enter, dijamin lebih cepat beralih ke halaman baru dan tidak merubah halaman di bawahnya.
  9. Membubuhkan Hyperlink Referensi dengan Ctrl+K. Seperti halnya Copy Paste yang jauh lebih efisien jika menggunakan shortcut key Ctrl+C dan Ctrl+V. Hyperlink juga dapat dibuat lebih cepat dengan Ctrl+K.
  10. Meng-Cut dan Paste Banyak Teks dengan Ctrl+F3 (SPIKE). Sering kali dalam mengerjakan tugas kita membutuhkan beberapa paragraf dari sejumlah dokumen. Terkadang yang kita butuhkan berada di halaman yang berbeda atau bahkan di dokumen yang berbeda. Dari pada bolak-balik halaman untuk Copy atau Cut Paste, lebih efisien dengan SPIKE. Caranya, blok semua teks yang diinginkan kemudian tekan Ctrl+F3, kemudian pilih bagian lainnya dan lakukan cara yang sama. Jika ingin Undo, tekan Ctrl+Z. Ketika semua bagian telah dipilih, selanjutnya paste dengan Ctrl+Shift+F3 maka semua bagian tersebut akan tampil.
Itulah trik-trik yang akan mempermudah dan mempercepat pekerjaan teman-teman. meskipun trik ke 10 masih jarang digunakan tapi jika terus dicoba-coba akan pasti akan terbiasa. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berbagi pengetahuan.

10 Responses to "10 Trik Ms Word untuk Mempermudah dan Mempercepat Pekerjaan"

  1. Sangat membantu mas untuk para mahasiswa hehe. Tapi setidakya yaa ctr+C+V itu masih idaman hehe

    ReplyDelete
  2. Upgrade ilmu selain ctrl+c copy dan ctrl+ v paste.. nambah level word ane gan hehehhe

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaat dan menambah wawasan gan d tunggu updatenya lagi

    ReplyDelete
  4. Terimakasih bang.sangat membantu

    ReplyDelete
  5. Memang saya lagi butuh ilmu mengenai ms.office, dan ini adalah salah satunya mengenai ms.word, terimakasih gan.

    ReplyDelete
  6. Mantap gan, trik word nya,,,, nambah ilmu buat ngetik cepat d word :)

    ReplyDelete
  7. Baik ditunggu trik selanjutnya. Soalnya selama ini yg saya tau hanya shortcut untuk menyimpan, copy paste, dan cetak.

    ReplyDelete
  8. Triknya nya Langsung tak praktekan.. hahaha. Terimakasih ilmunya gan

    ReplyDelete
  9. Ctrl+Enter
    Klik kiri mouse di ruler, jangan dilepas dan selanjutnya klik kanan. perhatikan perubahannya.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel