Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tahukah Anda Bahwa Bantal Guling Cuma Ada Di Indonesia ? Berikut Faktanya

 

Jika anda pernah menginap di hotel, maka pasti anda tidak pernah melihat bantal guling di hotel. Kenapa demikian ? Karena hotel di Indonesia mengikuti hotel orang barat yang tidak mengenal guling. Namun Tidak hanya hotel , ternyata diluar negeri bantal guling pun tidak ada. Fakta uniknya adalah Bantal guling hanya ada di Indonesia.

Rupanya bukan tanpa alasan, guling memiliki sejarah tersendiri bagi Indonesia. Seperti apa ceritanya ? Simak ulasan berikut

Awalnya guling dibuat oleh orang belanda di Nusantara pada abad ke 18 atau 19. Karena orang belanda meninggalkan kekasih atau pasangan mereka dibelanda maka mereka kemudian merasa kesepian . Oleh karenanya dibuatlah sebuah bantal yang mudah untuk sekedar dipeluk.

Pada zaman itu guling disebut Dutch wife atau istri orang belanda. Kemudian ditiru oleh orang nusantara hingga sekarang.

Sebenarnya bukan orang belanda yang pertama kali membuat guling. Namun di cina pernah diciptakan guling yang terbuat dari rotan. Guling inilah yang kemudian di modifikasi oleh orang belanda hingga menjadi bantal guling.


Bung Karno bahkan pernah bilang dalam buku penyambung lidah rakyat bahwa "Kamilah satu-satunya bangsa di Dunia yang mempunyai sejenis bantal yang digunakan sekadar untuk dirangkul". Dan itulah bantal.

Jika anda sedang memeluk guling dan membayangkan seseorang maka sebenarnya anda tidak gila karena asal usul pembuatan guling memang seperti itu. Unik ya.

Post a Comment for "Tahukah Anda Bahwa Bantal Guling Cuma Ada Di Indonesia ? Berikut Faktanya"