Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

7 Fakta Unik Pohon Pisang yang Mungkin Belum Anda Ketahui

 

Pohon pisang adalah buah yang hampir bisa ditemui dimana-mana. Baik di pasar, supermarket, maupun di swalayan kecil.

Buah yang memiliki nama latin "Musa Sapentum" yang  berarti buah dari pria yang bijaksana ini punya beberapa fakta unik. Berikut ulasannya :

1. Hanya sekali berbuah, lalu mati

Pohon pisang hanya akan berbuah sekali saja dalam hidupnya lalu pohon pisang akan mati. Namun pohon pisang akan menciptakan tunas baru sebelum akhirnya mati. Siklus ini akan berlansung selama 10 tahun.

2. Tidak akan mati sebelum menghasilkan tunas dan buah.

Pohon pisang tidak akan mati sebelum bertunas atau berbuah meskipun anda menebangnya berkali-kali. Pohon pisang akan tumbuh kembali dan menghasilkan buah dan tunas baru yang menggantikan pohon yang telah mati.

3. Batangnya bisa diolah dan dimakan

Batang pisang terdiri atas batang utama dan batang semu. Batang utama adalah batang yang berada didalam tanah, sedangkan batang yang biasa kita lihat adalah batang semu. Disebut semu karena terdiri atas batang pisang yang menggumpal. Batang pisang bisa diolah sebagai makanan pendamping nasi

4. Memiliki bunga yang berbeda dari yang lain.

Pohon pisang memiliki bunga yang besar berwarna merah hingga ungu. Bunga tersebut biasa disebut jantung pisang. Pada ujung jantung pisang terdaoat benang sari yang pangkalnya terdapat putik dari jantung pisang tersebut. Pada jantung pisang tersebut akan tumbuh buah pisang yang dilindungi oleh kelopak daun

5. Buahnya warna warni

Buah pisang memiliki warna khasnya yaitu warna kuning. Namun pisang juga memiliki warna unik di antaranya warna merah atau biasa disebut pisang merah. Pisang jenis ini memiliki kandungan magnesium dan potasium yang dapat mrngobat tekanan darah tinggi.  Aslinya pisang ini ditemukan di Tanzania namun di indonesia juga ada. 

Ada juga pisang bernama blue java banana. Pisang ini berwarna biru yang merupakan hasil persilangan antara pisang merah dan pisang batu. Belakangan pisang ini menjadi terkenal karena karakteristiknya yang mudah tumbuh pada iklim tropis seperti indonesia. Serta memiliki kandungan vitamin yang banyak utamanya vitamin B6.



Selanjutnya ada pisang varigata. Pisang ini cukup berbeda dari pisang pada umumnya. Pisang ini tampil dengan corak putih disepanjang buah , daun bahkan batangnya. Pisang jenis ini adalah pisang yang sensitif sehingga sulit untuk di budidayakan.

6. Suka hidup di tempat lembab namun tidak di genangan air.

Pohon pisang mudah ditumbuh ditempat lembab dengan sinar matahari yang  bagus namun tidak dengan genangan air. Genangan air akan membuat pisang terkena penyakit sehingga akar akan membusuk.

7. Termasuk dalam kelompok tanaman hias.
Pisang hias tidak akan berbuah jadi hanya ditanam untuk dinadikan hiasan penyejuk rumah.




Fakta unik lainnya adalah pisang telah ditemukan 8000 tahun sebelum masehi. Lalu ternyata pisang masuk dalam kategori buah berry. 









Post a Comment for "7 Fakta Unik Pohon Pisang yang Mungkin Belum Anda Ketahui"