Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Alasan Mengapa Perusahaan Anda Perlu Menggunakan Aplikasi Absensi

Alasan Mengapa Perusahaan Anda Perlu Menggunakan Aplikasi Absensi

Era digital membuat seluruh sektor dipaksa untuk lebih digital savvy dalam segi apapun, termasuk dalam teknis penghitungan absensi karyawan. Revolusi absensi karyawan sebenarnya cukup signifikan. Diawali dengan absensi tulis tangan di buku, lalu berubah menjadi memasukkan kertas absensi ke dalam alat sebagai tanda check-in dan check out, hingga fingerprint atau tap kartu sebagai penanda masuk keluarnya karyawan.

Ternyata perubahan absensi tak berhenti sampai situ. Sekarang banyak sekali perusahaan yang sudah beralih menggunakan aplikasi absensi. Apa keuntungan yang dapat dirasakan? Mari simak ulasan dibawah ini!

Penggunaan aplikasi absensi memudahkan para karyawan untuk tetap melaporkan kehadiran tanpa harus langsung ke kantor. Terutama penerapan work from home yang terkadang menyulitkan tim HR untuk mengawasi pergerakan karyawan. Selain itu, jika ada karyawan yang sedang tugas dinas, sistem absensi menggunakan aplikasi tampaknya lebih cocok diterapkan.

Menggunakan aplikasi absensi dapat dengan mudah dilacak secara real-time serta memudahkan untuk merekap data untuk kebutuhan payroll serta membentuk sistem HRIS yang lebih komplit.

Apa saja manfaat yang dirasakan jika merubah sistem absensi menggunakan aplikasi?

Manfaat Aplikasi Absensi 

Beberapa manfaat menggunakan aplikasi absensi yang dapat dirasakan yaitu :

1.      Meminimalisirkan kecurangan 

Pada penggunaan aplikasi absensi, dilengkapi dengan fitur GPS (Global Positioning System) yang dapat melacak karyawan secara real-time. Selain itu, terdapat fitur pendeteksi wajah dari kamera handphone yang dapat meng cross-check keaslian data karyawan yang hadir.

Dengan ini, karyawan tidak dapat memanipulasi data absensi. Karena data yang telah terekam akan tersimpan aman dalam server aplikasi.

2.      Karyawan lebih produktif 

Dengan keberadaan aplikasi absensi membuat karyawan yang bekerja mobile dapat langsung bekerja tanpa harus datang ke kantor untuk absen lalu pergi ke lokasi kerjanya. Aplikasi absensi dapat dilakukan di jalan, di rumah, dan dimanapun berada. Sehingga dapat mengalokasikan waktu lebihnya untuk bekerja tanpa harus memikirkan absensi.

3.      Lebih irit biaya 

Pastinya dengan adanya aplikasi absensi akan lebih mengirit biaya. Tanpa harus menyediakan buku absensi atau kertas atau perangkat fingerprint ataupun tap card yang harus dirawat. Belum lagi jika alat tersebut rusak, harus mengeluarkan biaya lagi untuk teknisi.

Hal ini juga membantu perusahaan besar yang memiliki cabang banyak, hanya dengan mudah melacak dari satu server tanpa harus memasang perangkat absensi di tiap cabangnya.

Karyawan cukup dengan mendownload aplikasi di handphone masing-masing, dan melakukan absensi sesuai dengan ketentuan aplikasi tersebut, dan kehadiran Anda akan langsung terekam.

4.      Analisa data kehadiran karyawan lebih akurat 

Biasanya menggunakan sistem absensi dengan metode fingerprint atau tap card akan memakan waktu untuk mengantri apalagi jika datang diwaktu yang bersamaan. Sehingga waktu kehadiran menjadi kurang efisien.

Tim HR juga dengan mudah merekap data tanpa ada data yang hilang atau terpisah. Sehingga informasi real time berguna untuk menganalisis data.

5.      Membantu dalam payroll 

Absensi seorang karyawan menjadi penentu gaji yang akan diterima. Terkadang bukan karena karyawannya yang telat atau tidak datang, bisa saja karena data yang tercecer atau antri fingerprint atau tap card. Oleh karena itu, aplikasi absensi menjadi jawaban yang tepat agar karyawan tidak terkena potong gaji karena kesalahan teknis.

Kesimpulan 

Dengan beralih sistem absensi berbasis aplikasi, menciptakan simbiosis mutualisme bagi tim HR dan karyawan. Waktu real time yang terekam dalam aplikasi membuat karyawan tidak akan menerima pemotongan gaji. Disisi itu, tim HR juga dapat mudah melacak absensi tanpa merasa dicurangi serta mengirit biaya. Mari mengganti sistem aplikasi absensi yang lebih mudah dan akurat!

Post a Comment for "Alasan Mengapa Perusahaan Anda Perlu Menggunakan Aplikasi Absensi"