5 Cara Screenshot Di Laptop Paling Mudah dan Praktis

Cara Screenshoot Di Laptop

Kegiatan screenshot (ss) atau tangkap layar sekarang ini sudah sangat familiar dilakukan banyak orang untuk berbagai keperluan. Menangkap layar dapat dilakukan dengan mudah dan cepat diberbagai perangkat, misalnya pada kebanyakan smartphone Android dilakukan dengan menekan tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan.

Pada Laptop atau PC kita juga dapat melakukan hal serupa dengan mudah dan praktis, bahkan cukup dengan 1 tombol saja. Walaupun sangat mudah namun belum tentu semua orang mengetahuinya terlebih jika orang tersebut baru dalam menggunakan laptop atau komputer.

Untuk itu pada postingan ini, kita akan membahas berbagai cara melakukan screenshot atau ss di laptop dengan praktis tentunya.

Cara Screenshot (SS) Di Laptop atau PC 

1. Tombol PrtScrn (PrintScreen)

Tombol PrtScrn ini pada umumnya terletak sebelah kanan atas keyboard. Penggunaan tombol ini akan menangkap seluruh layar yang tampil tetapi tidak tersimpan sebagai file atau berkas melainkan tersimpan di clipboard. 

Untuk mengambil atau melihat hasil tangkapan, kamu bisa menempelkannya langsung ke kolom komentar facebook atau kolom kirim pesan whatsapp web, dll. Selain itu bisa juga dengan mem-paste pada aplikasi yang bisa menampilkan gambar, seperti Ms. Word atau Paint dengan cara menekan Ctrl + V kemudian simpan hasil tangkapan layar tadi menjadi gambar (jpg atau png).

2. Tombol Alt + PrtScrn

Dengan menekan tombol Alt + Prtscn maka menangkap layar aplikasi yang sedang aktif saja dan menyalinnya ke clipboard. Selanjutnya gunakan cara serupa seperti nomor 1 diatas untuk menyimpan hasil tangkapan layar tersebut.

3. Tombol Windows Key + PrtScrn

Jika memilih menggunakan kombinasi tombol Windows Key dan PrtScrn maka tangkapan layar akan mencakup seluruh layar sekaligus menyimpannya menjadi sebuah gambar yang tersimpan pada folder Screenshot atau Tangkapan Layar. Letak folder secara spesifik yaitu This PC -> Pictures -> Screenshots atau C:/Users/Username/Pictures/Screenshot

4. Tombol Windows Key + Shift + S

Untuk cara ke 4 ini hanya akan bekerja atau aktif jika kamu menggunakan sistem operasi Windows 10. Caranya dengan menekan tombol Windows Key + Shift + S secara bersamaan maka secara otomatis layar akan meredup dan pointer mouse akan berubah bentuk. Selanjutnya Anda tinggal menyeleksi atau drag (klik kiri tahan) bagian layar yang ingin Anda ambil gambarnya. 

Hasil screenshot dengan cara ini akan disimpan di clipboard sehingga harus ditempel terlebih dahulu kemudian disimpan menjadi gambar (serupa dengan cara 1 dan 2 diatas). 

5. Snipping Tool

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi bawaan sistem operasi Windows yang fungsinya untuk menangkap layar. Snipping Tool memberikan akses yang lebih fleksibel atau beragam dibandingkan cara-cara sebelumnya. Cara menggunakannya pun cukup mudah, pertama buka aplikasi Snipping Tool, kalian bisa mencarinya mengetik "snipping tool" pada pencarian tombol start.

Cara Screenshoot Di Laptop

Setelah terbuka, kalian dapat melihat beberapa fitur Delay yang tidak tersedia pada 4 cara sebelumnya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat mengatur waktu sesaat, mulai 0 sampai 5 detik sebelum mulai mengambil tangkapan layar.

Cara Screenshoot Di Laptop

Selanjutnya hasil tangkapan layar akan langsung ditampilkan pada jendela aplikasi Snipping Tool. Terakhir lakukan penyimpanan hasil screenshot secara manual seperti menyimpan file pada umumnya.

Meskipun masih terdapat beberapa cara untuk menangkap layar atau screenshot pada PC namun kelima cara diatas merupakan cara yang paling mudah dan praktis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian. 

Sekian untuk tutorial screenshot atau ss di laptop. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berbagi pengetahuan.

0 Response to " 5 Cara Screenshot Di Laptop Paling Mudah dan Praktis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel