Cara Menggabungkan Beberapa File atau Dokumen Word menjadi Satu Dokumen

Microsoft Word memungkinkan Anda membuat begitu banyak page atau halaman dalam satu file atau dokumen, namun terkadang terlalu banyak halaman justru membuat kinerja Word menurun. Faktanya dokumen yang berisi 1-10 halaman didalamnya akan terasa lebih ringan atau lancar ketika dilakukan pengeditan daripada dokumen yang mempunyai lebih dari 100 halaman. Sehingga tak jarang pengguna Word memilih untuk membagi pekerjaan mereka menjadi beberapa dokumen dan menyatukannya di akhir. 

Menyatukan atau menggabungkan dokumen Word sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti Copy-Paste (Copas). Copas tentu akan sangat berguna jika dokumen yang ingin digabungkan hanya satu dokumen dan isinya sedikit atau terdiri dari beberapa halaman saja, namun untuk dokumen dengan banyak halaman mungkin akan terasa sulit. 

Lalu bagaimana solusinya? Ternyata Microsoft Word telah menyediakan tool untuk menggabungkan beberapa dokumen menjadi satu dokumen dengan mudah dan cepat. Penasaran? berikut tutorialnya:

Cara Menggabungkan Beberapa File atau Dokumen Word menjadi Satu Dokumen

Sebelum memulai, perlu Tutorial26 menjelaskan bahan-bahan untuk tutorial kali ini yaitu terdiri dari 3 dokumen (BAB I, BAB II, dan BAB III) yang berbeda-beda dengan tujuan untuk melihat apakah ada perubahan format setelah digabungkan. BAB I berisi teks/tulisan dengan 1 paragraf dan nomor halaman angka romawi i, BAB II berisi teks dengan format penomoran dan nomor halaman angka 1, sementara BAB III berisi tabel dan nomor halaman 7. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:

Nah berikut cara menggabungkannya.

  1. Anda dapat mulai dengan membuka dokumen baru atau kosong Microsoft Word atau membuka dokumen urutan paling pertama yang ingin digabungkan. Dalam hal ini saya akan mulai dari dokumen "BAB I".
  2. Setelah terbuka, letakkan kursor pada posisi dimana Anda ingin menempatkan dokumen yang ingin digabungkan. Pada tutorial ini saya ingin menempatkannya di halaman berikutnya (halaman 2), maka letakkan kursor diakhir paragraf kemudian pilih menu Page Layout --> Breaks --> Next Page.
  3. Selanjutnya pilih menu Insert --> pada grup Text, klik dropdown (tanda segitiga/panah) pada Object --> pilih Text from File.
  4. Pilih dokumen yang ingin digabungkan. Jika terdapat lebih dari satu dokumen, maka seleksi dengan cara tekan tombol CTRL dan klik dokumen secara berurutan sesuai dengan urutan yang diinginkan, dalam hal ini BAB II kemudian BAB III.
  5. Kemudian, klik Insert dan lihat hasilnya.
    Hasil Gabungan Beberapa File atau Dokumen Menjadi Satu

Setelah digabungkan terlihat bahwa BAB III tidak dimulai dari halaman baru seperti pada BAB II, hal tersebut terjadi karena tidak dilakukan Breaks - Next Page. Jadi jika menginginkan setiap halaman pertama dokumen mulai dari halaman baru, maka lakukan Breaks - Next Page dan gabungkan dokumen satu persatu. 

Selain itu terdapat perubahan pada penomoran halaman yaitu penomoran berlanjut serta mengikuti format yang berlaku pada dokumen paling awal "BAB I". Jadi silakan edit sesuai format yang diinginkan apabila kurang puas dengan hasil penggabungan tersebut.

Demikian tutorial menggabungkan dokumen word menjadi satu dokumen. Semoga bermanfaat bagi teman-teman dan jangan lupa berbagi pengetahuan.


0 Response to "Cara Menggabungkan Beberapa File atau Dokumen Word menjadi Satu Dokumen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel