Tutorial Edit Foto Triangle Pop Out (Picsart Editing Tutorial)



Anyeong Yorobun. Joneun Chidoryimnida and Iam Back. Haloo sahabat pembaca dory in here again. Di era seperti sekarang banyak sekali muncul trik-trik editor foto yang muncul di barengi dengan terciptanya aplikasi-aplikasi yang menunjang hal itu. Dory akan membagikan tutorial editor foto artistik yang bisa di jadikan profil picture kamu di akun media sosial. Oke jenis foto ini di sebut tripel popout. Hanya butuh satu aplikasi  untuk membuatnya yaitu picsart. Di simakyah toturialnya.

Download Aplikasi Picsart

kamu bisa mendapatkan aplikasi picsart di playstore atau appstore. Silahkan download aplikasinya, masukkan kata “Picsart” di pencarian.

Buka aplikasi

Setelah kamu membuka aplikasinya, maka akan tampak seperi gambar seperti di bawah. Silahkan klik tanda (+) di bagiajn bawah layar.


Kemudian masukkan foto yang di edit. Caranya klik “semua foto” di bagian kanan atas layar.

Lalu pilih fotonya. Untuk memudahkan mencari foto yang akan di edit. Gunakan cara seperti pada gambar di bawah. Klik “Terkini” di kiri atas layar. Maka akan muncul beberapa pilihan, pilih “galeri” maka itu akan memudahkan kita mencari foto tersebut.


Setelah foto selesai di masukkan. Selanjutnya cari menu  “buang” dengan ikon gunting di pilihan menu edit. Scrool ke kanan atau ke kiri bagian bawah layar.


Maka kita telah masuk ke tahap pengeditan pertama yaitu jadikan foto tersebut menjadi stiker dengan menghilangkan background. Caranya klik “kerangka” di bagian bawah layar, kemudian garislah seperti pada gambar di bawah mengikuti objek yang akan di ambil saja.


Kemudian akan tampak seperti gambar dibawah, selanjutnya ikuti keterangan seperti di gambar. Pertama klik gambar kuas untuk memperbaiki bagian yang terbaca pada foto, seperti pada foto yang dory contohkan. Bagian rambut sebelah kanan tidak di deteksi oleh aplikasi maka cara memperbaiki cukup dengan mencoret bagian rambut yang belum berwarna merah se-rapih mungkin. Namun sebelum itu atur terlebih dahulu tingkata “kekerasan” dan “ukurannya” seperti pada gambar. Dory memakai 90 untuk kekerasannya dan 49 untuk ukurannya. Sebenarnya ini senyamannya aja. Kemudian silhkan rapikan bagian rambutnya. Kemudian simpan perubahannya dengan klik tanda panah di bagian kanan atas layar.


Maka hasilnya seperti gambar di bawah. Selanjutnya simpan. Klik kata “simpan” di sudut kanan atas.


Stelah itu, langkah selanjutnya kita berikan background. Caranya cari menu “fit” di bagian pilihan menu edit.


Kemudian sesuaikan ukuran dan posisikan foto pada background caranya seperti ketika akan melakukan zooming pada layar. Setelah itu pilih background kosong seperti petunjuk pada gambar. Lalu save dengan klik ikon centang di bagian  dudut kanan atas pada layar.


Selanjutnya cari menu “Gambar” pada pilihan menu edit. Aka muncul dua pilihan setelah di klik yaitu “gambar dan “warna”, pilihlah “gambar” lagi. (seperti pada gambar di bawah)


Lalu langlah pertama kita ubah dulu backgorund menjadi putih sebenarnya sesuai selera saja. Tapi di sini dory pakai warna puth. Caranya klik layer “sudut kanan bawah” kemudian klik layer 1 yang akan di beri warna putih, lalu klik ikon cat untuk memilih warnanya. (sesuai petunjuk pada gambar)


Pilih warna putih lalu ceklis.


Kemudian tukar layernya agar foto berada di permukaan. Caranya tekan layer pertama lalu tarik ke bawah.


Kira-kira seperti gambar di bawah ini


Kemudian stelah itu kita buat layer baru untuk membuat segitiga hitam di belakang foto seperti contoh foto di awal tadi. Caranya klik layer, lalu klik tanda kotak plus (sesuai gambar) pilih lapisan kosong


Selanjutnya buat segitiga. Pertama pilih warna yang akan di pakai. Disini dory pakai warna hitam. Klik kotak di sudut kiri bawah lalu pilih warna hitam. Setelah itu buat segitiganya dengan klik ikon persegi lingkaran di bagian bawah layar.


Setelah itu pilih bentuk segitiga, pilih “isi” dan oke.


Posisikan segitiga sesuai keinginan, setelah itu tukar lagi layernya agar segitiga berada di belakang foto.


Kira-kira hasilnya seperti gambar di bawah. Kemudian kita buat sudut lancip mengikuti garis segitiga. Caranya seperti saat membuat segitiga tadi. Pertama pilih dahulu warnanyanya. Note: warna yag kamu pilih harus sesuai dengan warna background yang kamu gunakan. Di sini dory pakai warna putih. Kedua pilih bentuk persegi agar lebih memudahkan. Tutupi bagian yang akan di jadikat sudut lancip dari segiti tadi dnegan persegi tersebut. Kira-kira seperti gambar di bawah ini. Lalu save


Selanjutnya buat garis artistiknya. Caranya cari menu edit “alat” maka akan muncul banyak pilihan. Pilih “regang”.


Kemudian atur ukuran dan dayanya. Caranya sesuai petunjuk pada gambar. Klik “regang” , ukuran 9 dan daya hingga 100


Kemudian tarik garis dari titik merah hingga ke bawah (sesuai petunjuk pada gambar) tariklah dua hingga tiga kali. Jangan terlalu panjang.


Kira-kira hasilnya seperti ini. Kemudian save


Setelah itu cari lagi menu edit “efek”


Pilih efek “Artistik” kemudian efek kedua dari kiri, atur dengan ukuran 100 dan sudut 84. Lalu klik ikon hapus di bagian atas layar.


Selanjutnya, pilih “pulihkan” kemudian “balikkan”.


Lalu untuk memudahkan scrool bagian yang akan di buat lebih artistik. Caranya seperti tadi. Cukup tarik garis ke bawah mengiikuti efek yang sebelumnya.


Kurang lebih hasilnya akan seperti ini. Jika tidak sengaja melakukan kesalahan klik saja undo untuk menghilangkannya.


Lalu save foto hasil perubahannya.


Kemudian  save fotonya, dengan cara klik tanda panah ke kanan di sudut kanan atas. Maka setelahnya akan muncul beberapa pilihan. Pilihlah kata “simpan” setiap kali muncul. Di piscart kita harus klik hingga tigakali kata simpan untuk menyimpan foto di galeri.

Oke , sekian dulu tutorial dory. Semoga bermanfaat. Assalamualaikum Wr.Wb

3 Responses to "Tutorial Edit Foto Triangle Pop Out (Picsart Editing Tutorial)"

  1. Ini sih keren abis tutorialnya gan, mantul deh,, lebih mantul lagi jika disertai video/channel youtube agan seputar tutorial ini,, jadi misal ada pembaca ada yg kurang paham tinggl putar videonya.

    oh iya, jgn lupa mampir di blog saya jg gan, masih seputar desain tapi versi blognya hehe
    www.faronesia.com

    ReplyDelete
  2. izin bookmark y gan

    www.batangkayu.com

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel