Tips Menjalani Puasa di Tengah Pandemi


Assalamualaikum Yorobun. Joneun Chidoryimnida and Iam Back. Halooo sahabat pembaca dory in here. Jadi untuk post ini akan berhubungan dengan puasa Ramadan bagi yang menjalankan. Dory akan membagikan tips tips menjalani puasa di tengah pandemi yang belum berakhir ini. 

1. Sahurlah dengan makanan yang kaya serat dan karbohidrat

Makanan yang mengandung serat dan karbohidrat akan memberikan efek kenyang. Sehingga puasa kita bisa bertahan beberapa jam ke depan. Makanan yang mengandung serat dan karbohidrat seperti sayur-sayura ,gandum, oats, atau sup ayam.

2. Jaga sistem imun dengan protein

Sistem imun sangat perlu di jaga saat pandemi seperti saat ini. Karena puasa kadang kita merasa lesu jadi untuk menjaga hal itu kita juga harus mengkonsumsi protein agar daya tahan tubuh terjaga seperti telur, daging, dan susu berprotein. 

3. Tetap minum 8 gelas dalam sehari

Kita mulai dari sahur. Minumlah segelas setelah bangun tidur, satu gelas setelah sahur, satu gelas setelah adzan magrib, satu gelas setelah shalat magrib, satu gelas setelah makan, satu gelas setelah adzan isya , satu gelas setelah tarwih dan satu gelas sebelum tidur. 

4. Tetap Olahraga di rumah

Olahraga ringan di rumah bisa di lakukan satu jam sebelum berbuka. Lakukan olahraga ringan saja seperti sit up atau senam lantai. 

5. Manfaatkan untuk mengurangi kebiasaan merokok

Merokok menambah resiko mudahnya seseorang di serang virus. Apalagi pandemi ini menyerang paru dan rokok merusak paru-paru. Ada baiknya jika kamu memanfaatkan waktu ini untuk mengurangi kebiasaan itu. Lebih baik sisihkan pembeli rokokmu untuk di tabung. 

6. Beribadah di rumah

Anjuran ini telah berlaku di Indonesia. Untuk menghindari penyebaran kita di ajurkan tetap berkegiatan di rumah termasuk beribadah demi diri kita masing-masing. 

7. Jangan Mudik

Kita tidak tau apa mungkin di perjalanan kita membawa virus ke kampung halaman. Dari pada menanggung resiko ada baiknya kita semua tidak kemana-mana. Sayangi diri Anda dan keluarga Anda tentunya. 

8. Tidak mengadakan perkumpulan

Saat waktu membosankan di rumah isilah waktumu dengan hal yang kamu suka. Seperti menulis, menggambar, mengaji, membaca, atau bermain game.

9. Jangan Lupa berjemur

Tidak perlu terlalu lama, cukup berjemur beberapa puluh menit saja pada jam jam 10 pagi.  Hal ini di lakukan untuk menghindari tinggalnya virus di tubuh kita. 

10. Jaga Silaturahmi dengan teknologi yanh tersedia

Beberapa fitur canggih tersedia saat ini untuk memudahkan kita terhubung ke seluru penjuru. Fitur Whatsapp, line dan beberapa aplikasi lain telah mendukung kita bertatap muka tanpa harus bertemu. 

Sekian tipsnya. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum Wr.Wb

0 Response to "Tips Menjalani Puasa di Tengah Pandemi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel