Tips Buat Kamu, Mahasiswa Akhir


Assalamualaikum. Anyeong Yorobun. Joneun Chidoryimnida And Iam Back. Halooha sahabat pembaca. Apa kabar hari ini, Semoga dalam keadaan baik-baik dan sehat. Jadi untuk post kali ini dory akan berbagi tips kepada sahabat pembaca mahasiswa akhir. 

Menjadi mahasiswa akhir pasti beban yah. Terlalu lama di kampus kadang kita malu sama orang tua. Terlalu cepet selesai, nanti kerja apa. Sama aja malu juga. Tapi menurut dory hal itu bukan masalah. Berusaha adalah jalan keluarnya. Menyelesaikan satu hal adalah yang benar setelah itu baru kita memikirkan hal lain. Maksudnya selesaikanlah dulu kuliah dengan baik baru memikirkan pekerjaan. Jangan memikirkan dua-duanya, terlalu berat. Alangkah baiknya jika menyelesaikan satu hal barulah melangkah ke hal yang lain.

Skripsi menjadi persyaratan kelulusan seorang mahasiwa. Tapi ada kalanya kita berada di titik terjenuh, lelah, malas dan lain sebagainya hingga skripsi pun berjalan di tempat. Karena itu dory ingin berbagi tips kepada kawan mahasiswa akhir agar skripsi selesai tepat waktu. Simak yah

1. Buatlah target yang spesifik dalam menyelesaikan tiap bab. 

Misalnya Bab 1 sampai Bab 3 akan di selesaikan dalam waktu dua bulan. Hal ini tentu bisa membantu dalam memnyelesaikan skripsi tepat waktu karena merasa seperti dikejar target.

2. Pastikan konsisten dengan progres setiap minggunya.

Walaupun sedikit buatlah perkembangan di setiap minggunya. Walau hanya 2 hingga 3 kalimat, Jangan membiarkan hari-harimu menjadi sia-sia tanpa perkembangan sedikitpun. 

3. Luangkan waktu setiap hari untuk mengerjakan skripsi.

Hanya butuh 2 hingga 3 jam saja, luangkanlah waktu mu untuk mengerjakan skripsimu. Walaupun hanya sekedar mencari referensi pastikan ada perkembangan setiap harinya.

4. Jangan Menunda Revisi.

Menunda berarti akan lebih lama. Menunda terus menerus akan membuatmu malas. 

5. Berikan reward pada diri sendiri setiap mencapai target yang telah di susun

Reward di sini bisa dalam bentuk makanan. Misalnya kamu menargetkan dalam seminggu harus menyelesaikan 15 lembar. Sebelum itu berjanjilah pada dirimu tak akan membeli makanan tertentu yang sangat kamu inginkan sebelum tergetmu tercapai. Jika itu tercapai belilah makanan yang sangat ingin kamu makan tersebut.

6. Jadikan cerita teman yang telah lulus lebih dulu sebagai motivasi.

Lihatlah betapa bahagianya kawan-kawanmu ketika telah memegang buket sambil berfoto ria. Jadikan itu sebagai motivasimu. Jangan malah merasa iri.

7. Mintalah saran atau bantuan dari senior 

Janganlah sungkan bertanya kepada senior-senior yang ada di kampus. Karena mereka pastinya lebih berpengalaman.

8. Aktif konsultasi kepada pembimbing

Rajinlah menghubungi dosen pembimbingmu jika menemukan kebuntuan. Jangan berpikir sendiri, berkonsultasi akan memberimu pencerahan.

9. Hindari kegiatan yang menyita waktu terlalu banyak

Karena sudah menginjak mahasiswa akhir, kurangilah kegiatan luar. Jika kamu aktif di organisasi maka hindarilah kegiatan yang sangat menyita waktumu. Jika kamu memiliki peran penting dalam organisasi maka berilah pengertian pada kawan-kawanmu bahwa kamu sedang fokus pada skripsimu.

10. Jaga semangatmu.

Kamu mungkin lelah, tapi ingatlah bahwa selepas ini. Ada kehidupan baru yang menantimu. Maka tetaplah bersemangat. Buanglah pikiran-pikiran yang membuatmu lelah. Berpikir positif dan yakin akan membuatmu lebih semangat.

Itulah beberapa tips yang bisa dory bagikan kepada sahabat pembaca. Semoga bermanfaat. Wassalamualaikum Wr,Wb

0 Response to "Tips Buat Kamu, Mahasiswa Akhir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel