Tips Pulkam (Pulang Kampung ) yang Aman dan Tidak Banyak Biaya

Assalamualaikum .Anyeong Yorobun, Joneun Chidoryibnida. Iam Back. 
Halo sahabat pembaca ,untuk tulisan kali ini mungkin kurang nyambung yah untuk semua kalangan. tapi bagi kalian mahasiswa-mahasiswa yang sebentar lagi menyambut libur semester Ganjil. mungkin sedikit cocok untuk kalian.


Hari libur adalah hari kemenangan bagi kita yang merantau di kampung orang utamanya untuk yang sedang menempuh pendidikan.musim libur menjadi suatu agenda penting dimana kita harus bergegas untuk pulang ke kampung halaman masing-masing.
Supaya liburan kita bisa terlaksana dengan baik, berikut beberapa tips nyaman dan tanpa biaya yang mahal !

1. Mengatur jadwal pulkam
Langkah pertama ini merupakan hal penting dalam proses pulkam kita. Dalam hal ini, kita bisa menentukan kapan kita akan berangkat. Sebaiknya kita mengatur jadwal keberangkatan jauh-jauh hari sebelumnya agar dapat mempersiapkan segala hal tanpa tergesa-gesa. perkirakan lah tanggal yang paling memungkinkan untuk pulang. biasanya mahasiswa itu tidak memilki tanggal tetap yah tapi usahakan memilih tanggal paling pas dan kemungkinan kecil untuk batal hanya karena sebuah tugas. utamanya untuk mahasiswa yang kampung halamannya jauh yaa yorobun.

2. Cari tiket-tiket promo
Harga tiket  pasti akan meroket menjelang hari hari besar. buat kalian yang sedang kuliah, libur semester ganjil biasanya ada awal tahun baru atau menjelang tahun baru dimana harga tiket lagi meroket. Mencari tiket  promo adalah hal yang bisa kita lakukan agar tidak menguras kantong kita. kita juga bisa mencari tahu tiket promo pada aplikasi penyedia tiket secara online atau bisa juga mengikuti kuis-kuis yang berhadiah .

3. Pesan tiket jauh jauh hari
 Sebaiknya kita memesan tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum kita berangkat. selain menghindari kehabisan tiket, kita juga bisa mendapatkan harga tiket yang normal. Untuk memudahkan memesan tiket, bisa menggunakan teknologi berupa aplikasi yang menyediakan layanan penjualan tiket secara online.

4. Siapkan bekal  untuk perjalanan
Sangat perlu menyediakan bekal  untuk perjalanan kita. Sebaiknya kita menyediakan makanan ringan ataupun berat untuk sekedar penunda lapar di tengah jalan bisa juga kita menyediakan obat-obatan. Karena perjalanan tidak bisa di prediksi, jadi sediakan payung sebelum hujan.

5. Periksa kendaraan sebelum berangkat
Untuk kalian yang menggunakan kendaraan pribadi saat pulkam, jangan lupa periksa kondisi kendaran. Kondisi kendaraan yang baik tentu siap menghadapi hal-hal yang tidak terduga saat perjalanan.

6. Istirahat sebelum berangkat dan dalam perjalanan
Tips selanjutnya adalah yang memakai kendaraan pribadi saat pulkam. Hal ini terpenting sebelum kita pulkam. Istirahatlah dengan baik beberapa hari sebelum berangkat. Dalam perjalanan yang cukup lama kita harus beristirahat sejenak walaupun tidak mengantuk. Karena badan yang lelah akan mempengaruhi fokus kita saat mengendarai mobil atau motor.

7. Tinggalkan rumah anda dalam keadaan aman
Sebelum meninggalkan kostan atau kontrakan pastikan aman. Hal yang bisa di lakukan adalan pastikan seluruh ruangan dan jendela kontrakan/kostan terkunci rapat.titipkan kunci pada orang yang dipercayai namun lebih baik jika membawanya serta . Barang-barang berharga disimpan pada tempat-tempat tidak terduga jika kalian malas membawanya pulang. benda-benda berharga mashasiswa itu paling laptop . Terakhir, sampai kan kepada tetangga atau pihak keamanan tempat tinggal bahwa kita sedang pulkam dan mintailah tolong untuk sesekali melihat kondisi kontrakan/kostan anda.
tips tambahannya adalah kalian mahasiswa ada baiknya saling bersilaturahmi sesama warga kampung yang sama supaya pada saat ada libur yang begitu panjang, kita bisa pulkam ramai-ramai. 

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kalian terapkan sebelum dan saat kalian pulkam. Semoga bermanfaat yah teman teman mahasiswa. 
khamzahhamnida. wassalamualaikum

5 Responses to "Tips Pulkam (Pulang Kampung ) yang Aman dan Tidak Banyak Biaya"

  1. Pulang kampung yang paling aman adalah kita ingat الله dan jaga kesehatan😅

    ReplyDelete
  2. Saya pulang kampung modal 50k lebih dari cukup karena naik motor, apalagi singgah di SPBU cuma sekali. Bahkan kadang tidak makan karena jarak tempuhnya cuma 300 KM. Tidak terlalu jauh. 👍

    ReplyDelete
  3. Terima kasih min, tips pulang kampung di atas sangat cocok untuk kalangan mahasiswa seperti saya 😂 biayanya murah namun tetap aman.

    ReplyDelete
  4. Saya pulang kampung jauh harus banyak modal, semenjak baca ini Alhamdulillah berkurang pengeluaran saya saat pulang kampung

    ReplyDelete
  5. Infonya bermanfaat banget nihhhh

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel