Cara Membuat atau Memunculkan Simbol Rp (Rupiah) pada Excel

Excel yang terkenal sebagai aplikasi pengolah angka dengan akses cepat dan mudah, misalnya pada operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian. Namun, tidak sampai disitu, pada Excel juga terdapat dengan operasi-operasi yang memerlukan nominal mata uang, misalnya pembuatan laporan keuangan, selain operasi seperti di atas kita juga memerlukan simbol mata uang, $ untuk Dollar, Rp untuk Rupiah dan lain-lain.

Nah untuk memunculkan simbol Rp pada Excel, kita biasanya menggunakan format Currency atau Accounting. Tapi terkadang tidak muncul atau tidak ada simbol Rp pada pilihan Format Number. Jadi bagaimana solusinya??

Tenang, sebab pada postingan ini penulis akan berbagi tentang cara membuat atau memunculkan simbol Rp pada Excel. Berikut tutorialnya:

Cara Membuat atau Memunculkan Simbol Rp (Rupiah) pada Excel
  1. Pertama buat atau sediakan data angka yang akan diberi simbol Rp. Sebagai contoh perhatikan tabel Daftar Harga Barang PT Dayang Sumbi
  2. Blok atau seleksi angka-angka tersebut.
  3. Setelah itu, pilih Menu Home --> klik Menu Drop Down pada General yang ada pada grup Menu Number atau dengan kombinasi Ctrl+1.
  4. Setelah muncul, pilih More Number Formats
  5. Selanjutnya muncul kotak dialog Format Cells, pilih Custom --> tuliskan kode "Rp #.##0" tanpa tanda petik pada kolom Type.
  6. Klik OK untuk mengakhiri dialog dan lihat hasilnya.
  7. Jika menginginkan terdapat spasi atau jarak antara simbol Rp dan angka paling kiri atau menginginkan simbol Rp sejajar, maka gunakan kode ( _-Rp* #.##0_-;-Rp* #.##0_-;_-Rp* "-"_-;_-@_- ) tanpa tanda kurung.
  8. Lihat hasilnya.
Itulah tutorial untuk memunculkan atau membuat simbol Rp secara otomatis, semoga bermanfaat untuk teman-teman pembaca TutorialDuaEnam. Akhir kata "jangan lupa berbagi pengetahuan".

2 Responses to "Cara Membuat atau Memunculkan Simbol Rp (Rupiah) pada Excel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel