Cara Menggunakan Move Tool pada Photoshop

Penggunaan Move Tool pada dasarnya sama untuk setiap versi yang dirilis oleh Adobe Photoshop. Tool tersebut digunakan untuk menggeser/memindahkan, memperbesar/memperkecil, memutar, dan menggandakan objek serta mengatur posisi guide (garis bantu). Untuk itu sangat penting untuk bisa menggunakan tool satu ini secara benar. 

Nah untuk membantu teman-teman agar untuk dapat menggunakannya, silahkan teman-teman pembaca TutorialDuaEnam simak tutorial dibawah ini.


Cara Menggunakan Move Tool pada Photoshop


1. Pertama, kita buka/buat terlebih dahulu file yang ingin kita edit. Disini saya membuat tiga objek menggunakan Rectangle Tool. Selanjutnya akan disusun dengan fitur yang disediakan Move Tool


2. Kedua, klik Move Tool, maka akan muncul Option Bar Move Tool.

3. Kemudian kita dapat mencentang atau memilih:
  1. Auto select. Jika pilihan ini diaktifkan (dicentang) maka kita dapat memilih sebuah layer langsung pada kanvas kerja photoshop, atau dengan kata lain kita dapat memindahkan, menggandakan, mengubah ukuran objek tanpa perlu memerhatikan layer. Sebaliknya jika tidak diaktifkan maka kita harus memilih layer yang ingin kita geser pada Panel Layer. 
  2. Group. Disampingnya terdapat dua pilihan group dan layer. -ketika memilih group maka akan memindahkan objek yang layernya berada dalam satu group. -ketika memilih layer maka yang berpindah sesuai layer yang kita pilih maupun layer tsb berada dalam group
  3. Show Transform Control. Apabila kita memilih atau mencentangnya maka setiap objek, foto, atau gambar yang kita pilih akan muncul garis dengan kotak disetiap sudut dan di tengah bilah, yang fungsinya untuk mengubah ukuran layer pada photoshop. 
    Selanjutnya, seleksi semua objek dengan mengklik objek sambil menekan tomboh Shift, dan disini saya akan menggunakan beberapa pilihan untuk mengatur objek pada Option Bar tersebut:
  4. Align Top Edges. Ini akan mensejajarkan dua buah layer atau lebih yang sedng aktif dengan patokan layer paling atas pada kanvas kerja
  5. Align Vertical Center untuk mensejajarkan dua buah yang aktif atau lebih menjadi rata tengah
  6. Align Bottom Edges untuk mensejajarkan dua layer yang aktif atau lebih menjadi rata bawah.
  7. Align Left Center untuk mensejajarkan dua layer lebih yang aktif menjadi rata kiri
  8. Align Horizontal Center untuk mensejajarkan dua layer aktif atau lebih menjadi rata tengah dengan patokan titik tengahnya.
  9. Align Right Center untuk mensejajarkan dua layer yang aktif atau lebih menjadi rata kanan
  10. Distribute Top Edges untuk mengatur jarak antar layer aktif menjadi rata atas
  11. Distribute Vertical Centers untuk mengajtur jarak antar layer aktif menjadi rata tengah.
  12. Distribute Bottom Edges untuk mengatur jarak antar layer menjadi rata bawah.
  13. Distribute Left Edges untuk mengatur jarak antar layer aktif menjadi rata kiri.
  14. Distribute Horizontal Centers untuk mengatur jarak antar layer aktif menjadi rata tengah horisontal antar layer yang aktif.
  15. Distribute Right Edges untuk mengatur jarak antar layer aktif menajdi rata kanan kanvas.

Tambahan:

Cara Memutar Objek menggunakan move tool yaitu dengan mengaktifkan Show Transform Control dapat dilalukan dengan menekan tombol kombinasi Ctrl + T kemudian mendekatkan kursor pada objek tapi tidak sampai menyentuh objek. Jika bentuk kursor sudah berubah menjadi panah melengkung, maka klik tahan, dan putarkan sesuai keinginan.


Untuk menggandakan Objek dengan menggunakan move tool yaitu dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Drag objek yang ingin kita gandakan.


Catatan:


Biasanya fungsi dari Distribute tidak bekerja sesuai dengan yang diingikan. itu mungkin disebabkan pengatuan jarak berdasarkan sisi, ukuran layer, atau letak layer itu sendiri. Maka dari itu jangan pernah bosan untuk terus mencoba agar penggnaan option bar move tool ini dapat dipahami lebih dalam lagi.

Itulah pembahasan tentang Cara Menggunakan Move Tool pada Photoshop, semoga dapat menambah pengetahuan teman-teman. Jangan lupa membagikan apa yang kalian ketahui kepada orang lain.


6 Responses to "Cara Menggunakan Move Tool pada Photoshop"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel