Cara Export File CorelDraw ke Program Office

Pada postingan kali ini kita akan mempelajari bagaimana mengeksport file ke program office. Adanya fitur Export for Office yang disediakan CorelDraw maka berbagai pekerjaan yang membutuhkan dokumen atau gambar untuk dimasukkan ke dalam suatu pekerjaan yang berhubungan dengan Microsoft Office (Ms Office dapat secara cepat dilakukan. 

Bayangkan kita dapat mendesain file/gambar yang menarik di CorelDraw kemudian memasukkan desain tersebut ke dalam program Office, misalnya Ms Power Pont dan Ms Word. Selain itu desain/objek yang dimasukkan ke Program Ms Office masih dapat diedit langsung pada lembar kerja/halaman Ms Word.


Cara Export File CorelDraw ke Program Office


  1. Seleksi terlebih dahulu objek yang ingin diekspor ke Program Office (tutorial kali ini saya mengekspor ke Ms Word). Selanjutnya klik Menu File --> Export to Office yang ada pada Menu Bar. 
  2. Kemudian akan muncul dialog Export to Office
  3. Hal yang perlu diperhatikan:
    1.  Export to berfungsi untuk menentukan jenis file hasil ekspor apakah berupa Microsoft Office (*.PNG) atau WordPerfect Office (*.WPG).
    2. Graphic should be best suited for berfungsi untuk menentukan format objek apakah menggunakan Compatibility (tidak dapat disunting) atau Editing (dapat disunting/diedit) pada program aplikasi lain.
    3. Optimized for berfungsi untuk menentukan file hasil ekspor apakah akan dicetak (Desktop printing dan Commercial printing) atau tidak dicetak pilih Presentation.
  4. Klik OK untuk melanjutkan proses ekspor, maka selanjutnya muncul dialog Save as, tentukan lokasi untuk menyimpan file.
  5. Selanjutnya buka program Microsoft Word, klik Menu Insert --> Image (pilih image/file yang telah diekspor).
  6. Setelah itu, untuk dapat mengedit atau menyunting image klik kanan --> Group --> Ungroup. Maka akan muncul dialog Microsoft Word seperti dibawah ini. Untuk melanjutkan klik Yes.
  7. Untuk melihat hasilnya, silahkan klik objek tertentu dari image tersebut dan pindahkan posisi.nya.

Catatan:
Terdapat cara lain untuk melakukan hal serupa, yaitu dengan menggunakan fasilitas Export seperti biasanya. Perbedaannya pada tipe file ketika menyimpan. Misalnya untuk memasukkan gambar yang tidak dapat disunting ke program Office bisa menyimpan file CorelDraw dengan tipe PNG (*.PNG), sedangkan untuk file yang dapat disunting menggunakan tipe Word Perfect Office (*WPG).

Sekian untuk Cara Export File CorelDraw ke Program Office, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk berbagi pengetahuan. 



5 Responses to "Cara Export File CorelDraw ke Program Office"

  1. Ternyata semudah ini toh, dari kemarin cari toturialnya baru ketemu disinih.

    ReplyDelete
  2. Mas. Apakah Text nya juga bisa diedit di word nya?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel