Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

6 Etika Mengunjungi Coffee Shop

 


Segala hal pasti memiliki aturan. Seperti halnya nongkrong. Nongkrong adalah hal yang menjadi salah satu ciri khas warga +62. Faktanya warga Indonesia mampu nongkrong hingga 6 jam. Coffee Shop merupakan salah satu tempat nongkrong paling banyak di ganrungi kaula muda untuk sekedar bercengkrama dengan teman atau bekerja dan bisa juga mengerjakan tugas. Aturan dalam kehidupan sosial dapat tertulis dan tidak tertulis karena hal itu menyangkut etika. Berikut beberapa etika penting ketika berkunjung di coffee shop.

Coffee shop kini berkembang pesat dan tidak sedikit coffee shop menyediakan menu makanan berat dengan desain interior yang variatif. Sehingga selain menyediakan kopi dan makanan enak sebisa mungkin coffee shop juga menawarkan tempat yang nyaman bagi pelanggannya. Oleh karena telah di suguhi tempat yang bagus maka sebagai pelanggan tentunya harus tetap menjaga etika saat berkunjung. 


1. Tetap menjaga kesopanan


Beberapa orang sering tidak sadar ketika sedang terbawa dalam obrolan mereka tidak menjaga etika seperti tertawa terlalu keras atau berbicara terlalu keras sehingga mengganggu pengunjung lain. Hal ini harusnya di perhatikan dengan baik, karena kedatangan pelanggan lain berbeda, bisa jadi ada orang yang mungkin sedang mengerjakan tugas atau bekerja sehingga membutuhkan tempat yang nyaman dan tidak berisik. 

Serupa tapi tidak sama yaitu tidak menjaga sikap seperti kaki di atas meja atau tidur di sofa coffee shop. Sikap ini sangat tidak mencerminkan sikap yang baik. Jika sudah lelah atau mengantuk, alangkah baiknya pulang untuk istirahat. 


2. Menjaga kebersihan


Di setiap coffee shop pasti memiliki karyawan yang bertugas membersihkan area cafe. Namun tidak ada salahnya sebagai pelanggan tetap menjaga kebersihan, seperti kertas atau mungkin puntung rokok karena disetiap coffee shop pasti menyediakan tempat sampah atau asbak. Membantu meringankan pekerjaan orang lain merupakan sikap yang baik. 


3. Bersikap baik terhadap karyawan

Terkadang pesanan terlalu lama dibuat sehingga beberapa orang kadang tidak sabaran. Sikap tidak sabaran adalah sikap tidak terpuji. Cobalah untuk mengerti bahwa bisa jadi pesanan memang sedang banyak. Jadi membutuhkan waktu yang sedikit lama untuk membuatnya, apalagi biasanya cafe sangat mengutamakan kualitas produk. 


4. Pola pikir gratisan

Jika datang ke coffee shop hanya untuk numpang wifi gratis, usahakan memesan produk mereka. Di beberapa kejadian terkadang pelanggan datang beberapa orang namun yang memesan hanya satu orang. Jika pola pikir seperti itu lebih baik hindari berkunjung ke coffee shop karena kini jaman telah berubah ada banyak provider yang murah. 


5. Jangan menguasai bangku

Hindari duduk di bangku yang bisa beberapa orang jika anda hanya sendiri. Apalagi jika tempat tersebut sedang ramai. Jika anda datang sendiri duduklah di tempat yang cukup untuk satu atau dua orang. Jika ada kursi lebih cobalah untuk menawarkannya oada orang lain. 


6. Berikan Tip 

Cafe biasanya sangat mengutaman pelayanan yang baik. Sehingga jika anda sebagai pengunjung memiliki uang lebih tidak ada salahnya menghargai usaha karyawan dengan memberikan tip. Walaupun pada dasarnya karyawan tetap di gaji, namun banyak sekali tempat kerja yang menerapkan upah dibawah standar pemerintah, jadi dengan memberi anda telah melakukan kebaikan. 

Post a Comment for "6 Etika Mengunjungi Coffee Shop"