12 Istilah Paling Umum dalam Ms Excel

Diantara berbagai produk yang dihasilkan oleh Microsoft, Ms. Excel (Microsoft Excel) masih menjadi produk unggulannya. Salah satu penyebabnya karena keberhasilan software ini mengalahkan dominasi program Lotus sebagai program spreadsheet di pasaranSelain itu, Ms Excel terkenal dengan kecepatannya dalam memproses data sehingga wajar apabila sekarang ini Ms. Excel menjadi aplikasi yang paling populer digunakan di dunia kerja.

Ketenaran tersebut secara tidak langsung mengharuskan kita untuk mempelajari dan mampu mengoprasikannya, terlebih apabila kita ingin bekerja pada bidang yang akan bersinggungan langsung dengan aplikasi tersebut.

Sebagai langkah awal proses belajar kita, kali ini Penulis akan memperkenalkan beberapa istilah yang paling umum terkait dengan Ms. Excel beserta artinya. 

Istilah - Istilah Umum dalam Ms Excel
  1. Cell merupakan bagian terkecil dari Worksheet, dapat diisi dengan maksimal 255 karakter baik berupa value, formula atau text.
  2. Row atau dalam bahasa Indonesia berarti baris atau sebuah kotak cell dari atas ke bawah, dimulai dari angka 1 hingga 1.048.576 (Excel versi 2007 ke atas).
  3. Row Header merupakan induk dari sebuah baris, pengaturan atau setting pada bagian ini akan mempengaruhi seluruh cell pada baris tersebut.
  4. Column atau kolom merupakan sebuah kotak cell dari kanan ke kiri, dimulai dari A hingga XFD.
  5. Column Header merupakan induk dari sebuah kolom, setting pada bagian ini akan mempengaruhi seluruh cell pada kolom yang sama. 
  6. Worksheet/Sheet merupakan sebuah lembar kerja elektronik atau kumpulan dari 16.385 kolom dan 1.048.576 baris.
  7. Workbook adalah kumpulan dari beberapa worksheet (maksimal 256 worksheet dala 1 workbook)
  8. Alamat Relatif atau Cell Relatif merupakan alamat yang jika di salin/copy atau drag rumus/fungsinya ke cell lain maka nilainya akan berubah sesuai kondisinya. 
  9. Alamat Semi Absolut atau Cell Semi Absolut yaitu cell memiliki salah satu baik kolom atau baris absoul/tetap, jadi ketika kita drag/copy rumusnya maka salah satu nilainya akan tetap. Biasa juga dikenal dengan cell yang terikat. Tandanya terdapat tanda $ pada baris atau kolomnya.
  10. Alamat Absolut merupakan alamat cell yang bersifat tetap. Tandanya yatu terdapat tanda $ pada alamat baris dan kolomnya
  11. Name Box merupakan kotak yang menunjukkan cell yang aktif saat itu.
  12. Range merupakan sekelompok cell yang akan mendapatkan aksi yang sama sesuai perintah yang dijalankan.
Itulah beberapa istilah yang paling umum dalam excel, meskipun masih terdapat banyak istilah lainnya seperti VLOOKUP, HLOOKUP, AVERAGE, dll tapi tak perlu khawatir karena akan di bahas pada postingan selanjutnya. Semoga bermanfaat bagi pembaca TutorialDuaEnam dan jangan lupa berbagi pengetahuan.

3 Responses to "12 Istilah Paling Umum dalam Ms Excel"

  1. Baru tahu jika worksheet sebanyak 250 dalam 1 workbook. Saya pikir tanpa batas 😄

    ReplyDelete
  2. terus terang saya blom bisa betul xl, wkwkwkwkw

    salam edukasibahasainggris

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel