Mengenal Bagian-Bagian Area Kerja Photoshop

Pada kesempatan kali ini penulis TutorialDuaEnam akan memaparkan hal mendasar dalam Photoshop yaitu bagian-bagian area kerja photoshop. Mengenal atau mengetahui area kerja akan sangat memudahkan pengguna aplikasi dalam memaksimalkan pekerjaannya. 

Meskipun teman-teman mempunyai versi yang berbeda dengan versi CS3 yang menjadi rujukan artikel ini, tapi tenang saja karena secara umum semua versi Photoshop memiliki kesamaan pada area kerjanya. 

Mengenal Bagian-Bagian Area Kerja  Photoshop



1. Tool Box/ Panel Tools
Tool Box atau Panel Tools merupakan sebuah kotak yang berisi sejumlah tools (tombol perintah) yang digunaan untuk mengelola, mengedit, mengatur, objek yang akan dikerjakan. Pada Panel Tools terdapat berbagai jenis tool yang dapat digunakan contohnya, Move Tool, Quick Selection Tool, Crop Tool, dan masih banyak lagi. 

2. Tool Option Bar/ Panel Control
Tool Option Bar atau Panel Control merupakan bagian yang berisi sejumlah tool (tombol perintah yang dapat digunakan untuk melaksanakan suatu perintah tertentu. Perintah yang akan muncul menyesuaikan dengan tools yang terpilih pada Panel Tools.

3. Menu Bar
Menu Bar merupakan baris menu yang berisi daftar-daftar perintah untuk mengatur file, mengolah layer dan dokumen, serta berisi perintah untuk memberi efek/filter dan mengatur tampilan panel. Pada Menu Bar terdapat menu-menu File, Edit, Image, Layer, Select, Filter, Analysis, View, Window, dan Help.

4. Lembar Kerja (Kanvas)
Untuk menampilkan objek yang sedang dikerjakan.

5. Status Bar
Status Bar yaitu keterangan-keterangan mengenai dokumen yang sedang aktif. Kita dapat memilih keterangan apa yang ingin kita tampilkan pada status bar, cukup dengan mengklik tanda |> (pada gambar) --> show --> pilih keterangan yang ingin ditampilkan

6. Pallete/Panel
Pallete terdiri atas navigation pallete, color pallete, history palette, layer palette (untuk memudahkan dalam navigasi maupun editing image) dan lain-lain

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa berbagi pengetahuan.

5 Responses to "Mengenal Bagian-Bagian Area Kerja Photoshop"

  1. Saya terus terang kurang begitu paham dengan dotoshop...wkwkwkwk. tapi setelah membaca diainidaga ada pencerahan

    Thanks
    Edukasibahasainggris

    ReplyDelete
  2. Info bagus dan ringkas padat serta jelas.

    ReplyDelete
  3. Penjelasannya lengkap nih, trimakasih infonya gan, tapi saya lebih familiar yg cs6 gan.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel