Cara Membuat dan Mengatur Lembar Kerja Photoshop

Sebelum bekerja dengan Photoshop, langkah pertama adalah membuat lembar kerja. Biasanya sih hal ini tidak terlalu menjadi perhatian, tapi ternyata membuat lembar kerja tidak boleh asal dibuat saja teman-teman. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam membuat lembar kerja baru, misalnya untuk menghindari penurunan kualitas desain.

Nah, pada postingan kali ini, saya membahas mengenai Cara Membuat dan Mengatur Lembar Kerja Photoshop agar dapat menghindari hal tersebut sekaligus mempermudah menentukan layout desain yang teman-teman buat.

Cara Membuat dan Mengatur Lembar Kerja Photoshop

1. Pertama kalian harus jalankan software Photoshop masing-masing. Setelah itu, kalian dapat menekan Ctrl+N atau klik menu File --> New, untuk membuat lembar kerja baru. Kemudian akan muncul kotak dialog New.  Nah disini terdapat point-point penting yang harus teman-teman perhatikan.

  1. Name. Kolom Name ini berfungsi untuk memberi nama pada dokumen yang akan kalian buat. Kalian bisa memberi nama sesuai dengan keinginan kalian atau dengan juga mengosongkannya. Jika dikosongkan akan muncul nama otomatis (Untitled-1). Kalau saya pribadi memberikan nama pada dokumen untuk mewakili apa yang akan saya kerjakan pada dokumen tersebut.
  2. Preset. Kolom ini untuk memilih ukuran lembar kerja yang telah disediakan. berikut pilihan yang dapat dipilih:
    1. Default Photoshop Size untuk memilih ukuran kertas sesuai yang dengan ukuran default Photoshop.
    2. U.S Paper merupakan pilihan yang berisi pilihan kertas seperti Letter, Legal, dll.
    3. International Paper berisi ukuran kertas A1, A2, A3, dll.
    4. Photo berisi pilihan kertas foto.
    5. Web berisi ukuran kertas sesuai ukuran website
    6. Mobile & Devices berisi uuran kertas sesuai dengan ukuran Mobile dan Device.
    7. Film & Video berisi pilihan kertas sesuai dengan pilihan
    8. Custom berisi pilihan kertas sesuai dengan pilihan atau ukuran yang anda buat sendiri.
  3. Width dan Height. Kolom Width adalah kolom untuk menetukan berapa ukuran lebar lembar kerja, sedangkan kolom Height untuk menetukan tinggi. Di samping kanan kolom Width dan Height terdapat kolom untuk menentukan satuan ukuran yang kalian perlukan. biasanya untuk mengedit foto menggunakan satuan pixels dan untuk medesain poster menggunakan satuan cm
  4. Resolution. Kolom ini menentukan resolusi atau tingkat kualitas gambar yang kalian buat. Di samping kanan juga terdapat pilihan untuk menentukan satuan ukuran. Kita dapat memilih satuan ukuran pixels/inch atau pixels/cm
  5. Color Mode. Kolom ini untuk memilih mode warna. Apakah memilih Bitmap, Grayscale, RGB Color, CMYK Color, atau Lab Color.
  6. Background Contents. Kolom ini untuk menentukan tampilan background yang ingin teman-teman buat. Terdapat beberapa pilihan pada kolom ini, diantaranya white untuk lembar kerja berwarna putih, transparent untuk lembar kerja transparan
2. Kedua, setelah mengatur atau menentukan point-point diatas, langkah terakhir adalah klik OK untuk menutup dialog New dan teman-teman dapat mulai bekerja.

3. Hasil 



"Tambahan"
Untuk memudahkan menggunakan settingan yang lembar kerja yang sering dipakai, teman-teman dapat menyimpan settingan tersebut dengan mengklik Save Preset --> berikan nama untuk mengenali settingan lembar kerja yang ingin disimpan (contoh, saya memberi nama Tutorial26) --> kemudian klik OK. Maka settingan lembar kerja yang telah disimpan akan mmuncul pada kolom Preset.


Sampai disini pembahasan kita, semoga bermanfaat bagi teman-teman, dan jangan lupa berbagi pengetahuan.

5 Responses to "Cara Membuat dan Mengatur Lembar Kerja Photoshop "

  1. Nah ini cara mengatur lembar kerja di photoshop sangat penting, karena tanpa lembar kerja maka ngedesain pun tidak akan bisa. Bagus mas ilmu dasar editing ini.

    ReplyDelete
  2. terima kasih, kemaren kemaren saya bingung ngaturnya gimana.. hehehe.. thanks ya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel