Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

7 Alasan Mengapa Kita Harus Bisa Mengoperasikan Komputer di Zaman Sekarang



Dewasa ini perkembangan teknologi semakin pesat. Semakin hari penemuan-penemuan baru terus muncul diberbagai belahan dunia. Dunia seakan memaksa kita untuk mengetahui berbagai macam perkembangan yang ada atau kita akan disebut manusia "GAPTEK" alias gagap teknologi yang artinya kita ketinggalan zaman. 

Berbagai platform sosial media baru muncul menghiasi dunia maya. Dengan teknologi, kita bisa menjamah apa saja asalkan kita memiliki kemampuan. Alat yang digunakan pun semakin berkembang. Dulu, hanya dengan Komputer kita bisa mengakses dunia digital namun kini kita di sajikan oleh Smartphone dengan berbagai fitur yang ada. Namun bukan berarti Komputer atau kini lebih dikenal dengan sebutan PC tidak digunakan. Secanggih-canggihnya Smartphone , Komputer / PC tetaplah memiliki lebih banyak kelebihan utama dari segi perangkat, penyimpanan atau ukuran layar yang memanjakan kita khususnya bagi para gamers. 

Komputer kini juga semakin berkembang mengikuti zaman. Fitur-fitur yang ditawarkan mulai beragam untuk mendukung kebutuhan pemakainya. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua orang bisa mengoperasikan komputer. Jika dulu kebanyakan orang melakukan kursus untuk mempelajari komputer, kini hampir semua hal bisa kita pelajari dari dunia maya atau otodidak melalui internet. Termasuk cara mengoperasikan komputer.
Baca Juga : Penjelasan Fungsi Komponen Komputer

 Lalu mengapa kita harus mahir mengoperasikan komputer ? Apasih kontribusi komputer bagi kehidupan kita ? Simak penjelasannya.

1. Di Paksa oleh Zaman

Seperti yang telah dijelaskan diawal tadi bahwa seseorang akan menyandang gelar GAPTEK ketika tidak mengetahui teknologi. Komputer adalah salah satu teknologi yang wajib diketahui bahkan harusnya mahir. Tidak bisa dipungkiri Komputer sesungguhnya dapat mengabulkan keinginan kita. Seperti Programer yang bisa membuat program sesuai keinginannya. Luar biasa bukan ? 

2. Membuat Pekerjaan atau Tugas Lebih Mudah

Kini kebanyakan kantor atau lembaga pendidikan menggunakan komputer sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan mereka. Tidak hanya dalam hal pekerjaan namun siswa atau mahasiswa menggunakan alat satu ini untuk mengerjakan tugas sekolah mereka. Kita tidak lagi harus menulis hingga berlembar-lembar. bukankah kita banyak menghemat ? bukan hanya kertas namun juga biaya tentunya. Jika dulu kita harus membeli kertas untuk membuat tugas atau menyimpan data penting. Kini semua dapat disimpan dalam bentuk file/data, artikel atau e-book. Didalam sektor pendidikan banyak tenaga pengajar yang permudah oleh komputer. Tidak sampai disitu kini perpustakaan dapat diakses dengan mudah oleh perpustakaan Digital.

3. Media Hiburan

Tidak hanya sebatas kegiatan formal, komputer juga menyediakan hal yang bisa membuat suasana hati tidak selalu serius. Alat satu ini menyediakan hiburan untuk menghilangkan kepenatan dalam kepalamu. Bermain game salahsatunya, bermain game kini seakan menjadi candu untuk sebagian kalangan. Bermain game dengan komputer didukung layar yang lebih besar membuat pengalaman bermain akan lebih seru. Tidak hanya bermain game , kita bisa menonton film atau berita didalam satu perangkat ini. Komputer seakan telah menggantikan keberadaan TV. 

4. Modal Kerja atau Sumber Penghasilan

Hampir semua lowongan pekerjaan saat ini membutuhkan kemampuan mengoperasikan komputer. Tidak hanya sampai disitu apabila kita memiliki kemampuan lebih tentang mengoperasikannya maka kita akan memiliki bekal yang cukup untuk menunjang karir masa depan. Memang tidaklah murah untuk memiliki seperangkat komputer tapi dengan memilikinya kita seperti sedang berinvestasi. Sekali lagi karena komputer adalah komputer dapat mempermudah pekerjaan. Kemampuan dalam mengoperasikan komputer tidak selamanya mengikatmu pada pekerjaan yang mengharuskanmu bangun pagi lalu berangkat ke kantor. Kini banyak pekerjaan yang lebih santai bisa dilakukan dimana saja dan tentunya dengan penghasilan yang menjanjikan.

5. Membuat kita lebih Kreatif dan Inovatif

Karena perkembangan yang cukup pesat, apapun bisa dilakukan didalam sebuah komputer. Salah satu contoh kecilnya adalah desain grafis. Beberapa aplikasi penunjang desain grafis hanya bisa digunakan melalui komputer seperti coreldraw atau photoshop karena ukuran data aplikasi ini tidak cukup mumpuni untuk dioperasikan di smartphone. Profesi seorang desainer sangat dipermudah oleh komputer. Apapun bisa kita gambar dengan menggunakan komputer. 

Baca Juga : Ketahui Lebih Banyak Hal Mengenai Komputer

6. Memudahkan Komunikasi

Situasi dua tahun terakhir memaksa kita melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pertemuan dilakukan secara online. Mulai dari rapat kerja atau proses belajar mengajar sekolah. Sebenarnya Smartphone bisa digunakan namun menggunakan komputer akan menambah eksperience yang lebih baik. Kamera dengan kualitas baik tidak hanya tersedia di Smartphone saja, Kini telah banyak komputer yang menyediakan kualitas kamera yang lebih bagus. Komputer seperti ini banyak digunakan oleh para live streamer.

7. Pintu Ilmu Pengetahuan

Jaringan internet adalah hal terpenting dalam berjalannya sistem komputer. Walaupun bisa digunakan tanpa jaringan,  akan jauh lebih mudah dengan internet. Komputer membuat eksperience kita lebih seru saat menjelajah dunia pengetahuan. . Ilmu pengetahuan pun kin semakin berkembang. Penemuan-penemuan baru yang membantah penemuan lama kini banyak terungkap karena canggihnya teknologi. Hampir segala hal bisa kita akses di komputer. 

Itulah beberapa alasan mengapa kita harus bisa mengoperasikan komputer. Selama kita masih mampu berpikir tidak ada alasan bagi kita untuk tidak belajar.


Post a Comment for "7 Alasan Mengapa Kita Harus Bisa Mengoperasikan Komputer di Zaman Sekarang"